Kamis 15 Feb 2024 22:17 WIB

Polisi Jaga Ketat Gudang Surat Suara Pemilu 2024 di Banjarmasin

Surat suara diklaim aman dan dalam pengawasan 1x24 jam oleh TNI dan Polri.

Red: Qommarria Rostanti
Gudang surat suara (ilustrasi). Polres Banjarmasin menjaga ketat gudang penyimpanan surat suara usai pencoblosan dan perhitungan suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gudang surat suara (ilustrasi). Polres Banjarmasin menjaga ketat gudang penyimpanan surat suara usai pencoblosan dan perhitungan suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN --  Polresta Banjarmasin jajaran Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menjaga ketat gudang penyimpanan surat suara usai pencoblosan dan perhitungan suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo mengatakan pengamanan gudang logistik pascapencoblosan adalah prioritas untuk mengawal pemilu berlangsung dengan jujur dan adil.

“Kita tidak menginginkan ada oknum atau pihak yang berniat buruk terhadap hasil perhitungan surat suara pemilu ini,” kata dia, Kamis (15/2/2024).

Baca Juga

Ia menyebutkan saat memasuki pergeseran logistik dari panitia pemungutan suara (pps) ke panitia pemilihan kecamatan (ppk), pihaknya meningkatkan penjagaan dengan berpatroli di lingkungan kota untuk mencegah gangguan dari luar maupun dalam yang bisa saja dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. “Kita pantau terus gudang logistik tempat penyimpanan sampai penyelenggaraan pemilu selesai,” ujarnya.

Sabana mengungkapkan saat ini surat suara sudah sampai di gudang logistik masing-masing kecamatan, ia memastikan seluruh surat suara aman dan dalam pengawasan 1x24 jam oleh TNI dan Polri. Selain itu, dia juga memeriksa kesiapan personel di tiap gudang logistik yang tersebar di lima kecamatan agar memenuhi alat kelengkapan yang sesuai dengan prosedur pengamanan.

Tim patroli yang bertugas, kata dia, disebar di beberapa titik yang dianggap rawan terhadap gangguan maupun ancaman selama proses penyelenggaraan Pemilu 2024. ”Saya meminta masyarakat juga berperan aktif untuk melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan, kita ingin proses perhitungan surat suara berjalan dengan sukses tanpa adanya gangguan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement