Ahad 18 Feb 2024 23:44 WIB

Cegah Kanker dengan Konsumsi Makanan Ini

Belum ada pengaturan pola makan yang dapat sepenuhnya menjamin pencegahan kanker.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Muhammad Hafil
Kedelai (ilustrasi). Anggapan mengonsumsi kedelai dapat meningkatkan risiko kanker hanya mitos.
Foto: Dok. Freepik
Kedelai (ilustrasi). Anggapan mengonsumsi kedelai dapat meningkatkan risiko kanker hanya mitos.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Belum ada pengaturan pola makan yang dapat sepenuhnya menjamin pencegahan kanker. Akan tetapi, memasukkan makanan sehat ke dalam menu harian bisa berkontribusi pada gaya hidup sehat sehingga akan menurunkan risiko terkena kanker. 

Seiring dengan berkembangnya riset soal kanker, hubungan antara pola makan dan upaya penurunan risiko kanker menjadi semakin jelas. Hal itu menawarkan harapan dan pemberdayaan melalui pilihan yang dibuat seseorang tentang apa yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga

Dari berbagai hasil riset itu, telah berhasil mengidentifikasi sejumlah makanan yang, jika dikonsumsi secara teratur, dapat memberikan manfaat perlindungan. Berikut 12 makanan yang bisa membantu menurunkan risiko mengidap kanker, dikutip dari laman Knowridge, Sabtu (17/2/2024). 

 1. Sayuran berdaun hijau

Kangkung, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya kaya akan antioksidan, serat, dan karotenoid. Komponen-komponen ini membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu dengan menghilangkan agen berbahaya dari tubuh dan meningkatkan sistem imun.

 2. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, terutama vitamin C dan antosianin. Zat-zat tersebut dapat membantu mencegah perkembangan kanker dengan mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

3. Tomat

Tomat adalah sumber likopen yang baik. Likopen merupakan salah satu jenis antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat dengan mencegah perkembangan tumor.

4. Sayuran silangan

Brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel, yang dikenal sebagai sayuran silangan atau cruciferous, mengandung sulforaphane dan indoles. Senyawa itu telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel kanker pada kanker payudara, leher rahim, hati, dan prostat.

5. Bawang Putih

Senyawa aktif dalam bawang putih, allicin, telah dikaitkan dengan pencegahan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan sel kanker di lambung, usus besar, kerongkongan, dan pankreas.

6. Jahe 

Dengan komponen aktif gingerolnya, jahe memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan. Kandungan itu telah terbukti sangat baik untuk kesehatan, termasuk efektif dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker pada kanker ovarium, prostat, dan pankreas.

7. Kunyit 

Kurkumin, yang ditemukan dalam kunyit, merupakan antioksidan yang sifatnya sangat kuat. Potensinya telah dipelajari secara ekstensif dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker dan mencegah pembentukan tumor, khususnya pada kanker usus besar.

8. Teh hijau

Selain menghangatkan dan menenangkan, minum teh hijau rupanya baik untuk mengempas kanker. Teh hijau kaya akan katekin, antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan mengurangi pertumbuhan sel kanker, terutama pada kanker payudara dan prostat.

9. Buah anggur 

Kulit buah anggur mengandung resveratrol, antioksidan yang dikaitkan dengan pencegahan kanker. Resveratrol dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama pada kanker kulit, hati, dan payudara. Menyantap buah ini pun amat disarankan.

10. Gandum utuh

Beragam jenis gandum utuh, seperti beras merah, barley, dan gandum mengandung serat, yang membantu mengurangi risiko kanker kolorektal. Sebab, konsumsi gandum utuh, apalagi secara rutin, akan melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

11. Kacang-kacangan dan biji-bijian 

Menyantap kacang-kacangan dan biji-bijian amat disarankan. Misalnya, kenari kaya akan asam lemak omega-3 dan serat, sehingga memberikan efek perlindungan terhadap kanker. Biji rami, khususnya, telah terbukti mengurangi pertumbuhan tumor pada kanker payudara.

12. Citrus

Kelompok buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, serta aneka jeruk lainnya kaya akan vitamin C dan flavonoid. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kanker dengan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menyantap berbagai makanan tadi bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan. Namun, penting untuk diingat bahwa pola makan hanyalah salah satu aspek pencegahan kanker. Gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur, tidak merokok, dan membatasi alkohol, juga berperan penting dalam mengurangi risiko kanker.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement