Senin 19 Feb 2024 14:40 WIB

Masih Kecil, Mengapa Anak Bisa Sakit Kanker?

Penyebab kanker pada anak berbeda dengan orang dewasa.

Red: Reiny Dwinanda
Anak sakit (ilustrasi). Jangan dibiarkan jika ada benjolan pada tubuh anak. Periksakan untuk memastikan itu bukan kanker.
Foto: www.pixabay.com
Anak sakit (ilustrasi). Jangan dibiarkan jika ada benjolan pada tubuh anak. Periksakan untuk memastikan itu bukan kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyebab kanker pada anak dan orang dewasa ternyata berbeda. Pada orang dewasa, kanker biasanya berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat dan faktor lingkungan.

"Kasus kanker pada anak kebanyakan disebabkan oleh interaksi dari berbagai hal," ujar Dr. dr. Teny Tjitra Sari, SpA(K) dalam siaran radio daring yang diikuti dari Jakarta, Senin (19/2/2024).

Baca Juga

Dokter Teny menjelaskan, faktor genetik memang juga bisa berperan dalam kejadian kanker pada anak. Selain mewarisi gen, anak yang mengalami mutasi genetik pun bisa terkena kanker.

"Kebanyakan karena interaksi berbagai hal, dia juga bisa menimbulkan kanker, jadi bukan semata-mata karena genetik saja," kata dokter spesialis anak dari Kelompok Staf Medis Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta itu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا لَكُمْ اَلَّا تُنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلِلّٰهِ مِيْرَاثُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا يَسْتَوِيْ مِنْكُمْ مَّنْ اَنْفَقَ مِنْ قَبْلِ الْفَتْحِ وَقَاتَلَۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْظَمُ دَرَجَةً مِّنَ الَّذِيْنَ اَنْفَقُوْا مِنْۢ بَعْدُ وَقَاتَلُوْاۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ࣖ
Dan mengapa kamu tidak menginfakkan hartamu di jalan Allah, padahal milik Allah semua pusaka langit dan bumi? Tidak sama orang yang menginfakkan (hartanya di jalan Allah) di antara kamu dan berperang sebelum penaklukan (Mekah). Mereka lebih tinggi derajatnya daripada orang-orang yang menginfakkan (hartanya) dan berperang setelah itu. Dan Allah menjanjikan kepada masing-masing mereka (balasan) yang lebih baik. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Hadid ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement