Senin 19 Feb 2024 17:19 WIB

Denmark Janji Hibahkan Seluruh Cadangan Artileri untuk Ukraina

Denmark ingatkan pentingnya persatuan negara-negara Eropa dalam mendukung Ukraina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen. Dalam pernyataan terbarunya, Frederiksen berjanji alokasikan seluruh cadangan artileri negaranya untuk Ukraina.
Foto: AP Photo/Kamran Jebreili
Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen. Dalam pernyataan terbarunya, Frederiksen berjanji alokasikan seluruh cadangan artileri negaranya untuk Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, berjanji menghibahkan seluruh cadangan persenjataan artilerinya untuk Ukraina, menurut laporan media setempat pada Ahad (18/2/2024). Saat ini, Ukraina masih berperang dengan Rusia.

Dalam Konferensi Keamanan Munich yang berlangsung pada 16-18 Februari di Jerman, Frederiksen juga menegaskan pentingnya persatuan antara negara-negara Eropa dalam mendukung Ukraina. Dukungan dapat ditunjukkan dengan menghibahkan persenjataan, amunisi, dan sistem pertahanan udara yang amat dibutuhkan negara Eropa Timur tersebut, menurutnya.

Baca Juga

"Dari pihak Denmark, kami memutuskan mendonasikan seluruh cadangan artileri," kata PM Denmark itu.

Frederiksen mengkritik pemimpin negara-negara Eropa yang menurutnya memanfaatkan alasan masalah produksi persenjataan. Itu dianggapnya sebagai dalih yang membuat Eropa urung mengirimkan persenjataan untuk pihak Ukraina.

"Ini bukan hanya persoalan terkait produksi, karena saat ini kita punya senjata, amunisi, maupun pertahanan udara yang kita tidak gunakan di saat justru seharusnya dikirimkan ke Ukraina," ujarnya.

Frederiksen juga menyerukan agar negara-negara Eropa tidak menunggu Amerika Serikat menyetujui pembiayaan pemasokan senjata untuk militer Ukraina untuk bertindak.

"Tidak peduli apa pun yang akan dilakukan AS nantinya, kita, warga Eropa, harus bisa membela diri. Ini adalah perang yang terjadi di benua Eropa," kata Frederiksen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement