Senin 19 Feb 2024 23:10 WIB

Ekonomi Israel Nyungsep Hampir 20 Persen Sejak Perang Melawan Hamas

Ancaman serangan yang lebih luas oleh Israel akan berisiko pada ekonomi.

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolandha
People block a highway during a protest demanding the release of the hostages taken by Hamas militants into the Gaza Strip during the Oct. 7th attack, in Tel Aviv, Israel, Saturday, Feb. 10, 2024.
Foto: AP Photo/Ariel Schalit
People block a highway during a protest demanding the release of the hostages taken by Hamas militants into the Gaza Strip during the Oct. 7th attack, in Tel Aviv, Israel, Saturday, Feb. 10, 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Ekonomi Israel mengalami kontraksi yang termasuk terdalam dalam sejarah, ketika perang meletus melawan Hamas, pada 7 Oktober lalu. Perang kali ini melumpuhkan bisnis, mendorong evakuasi dan rekor dalam memanggil tentara cadangan.

Dilansir dari Alarabiya, Senin (19/2/2024), produk domestik bruto mengalami penurunan kuartalan untuk pertama kalinya dalam dua tahun, merosot hingga 19,4 persen dalam tiga bulan terakhir di bandingkan tahun lalu, menurut data yang dirilis kembali pada hari Senin. Itu lebih buruk daripada setiap perkiraan dalam survei analis Bloomberg, yang mediannya turun 10,5 persen. 

Baca Juga

Mata uang Israel diperdagangkan 0,4 persen lebih lemah terhadap dolar setelah rilis data. Indeks Tel Aviv Stock Exchange 35 mengurangi keuntungan dan 0,4 persen lebih tinggi.

Meskipun konflik tersebut mematahkan momentum ekonomi menjelang akhir tahun 2023, PDB masih meningkat 2 persen dalam setahun penuh, sesuai dengan proyeksi oleh departemen penelitian bank sentral. Perkiraan pertumbuhan Bank of Israel untuk tahun 2024 sama pada 2 persen, sedangkan Kementerian Keuangan melihatnya pada 1,6 persen.

Penilaian tersebut adalah penghitungan resmi pertama dari korban perang terhadap PDB dan menangkap tingkat gangguan yang merobek ekonomi 520 miliar dolar AS setelah serangan Hamas pada 7 Oktober.

Bersamaan dengan panggilan tentara cadangan yang menghabiskan sekitar 8 persen tenaga kerja, itu menyebabkan pembatasan yang sebanding dengan penutupan yang diberlakukan selama pandemi Covid-19, menyebabkan kecelakaan mendadak di bidang manufaktur, mengguncang konsumsi, dan mengosongkan sekolah, kantor, dan lokasi konstruksi secara singkat.

Gelombang kejut ekonomi dari perang telah jauh lebih menghancurkan di wilayah Palestina, menambah krisis kemanusiaan yang mengerikan yang terjadi di Gaza. Dana Moneter Internasional telah mengatakan kantong Mediterania melihat "keruntuhan aktivitas yang hampir total" pada kuartal keempat, memperkirakan bahwa PDB kumulatif di Gaza dan Tepi Barat anjlok 6 persen pada tahun 2023.

Hamas yang didukung Iran, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa, mengamuk dengan menyerang wilayah Israel selatan pada 7 Oktober. Serangan hari itu telah menyebabkan 1.200 orang meninggal dunia namun serangan Israel jauh lebih keji, sebanyak 29 ribu orang rakyat Palestina meninggal dunia. 

Israel bahkan mengatakan akan meluncurkan serangan carat di Kota Rafah, kota perbatasan dengan Mesir, kecuali Hamas mau membebaskan sandera yang tersisa.

Langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh otoritas Israel menahan kejatuhan pasar dari perang, dengan bank sentral berjanji untuk menjual sebanyak 30 miliar dolar AS dari cadangannya untuk mendukung mata uang lokal. Bahkan ketika titik nyala baru telah muncul dari Yaman ke Irak, ketakutan terburuk dari konflik regional yang meledak belum terwujud, memberikan beberapa jaminan bagi investor yang khawatir dengan pukulan balik perang untuk keuangan publik Israel.

Ancaman bahwa Israel memperluas serangan daratnya di Gaza atau menghadapi eskalasi lebih lanjut di perbatasan utaranya dengan Lebanon masih membuat ekonomi berisiko mengalami gangguan yang lebih dalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement