Kamis 22 Feb 2024 22:48 WIB

Pemerintah Sebut KEK Kendal Telah Serap 44 Ribu Tenaga Kerja

KEK Kendal mendorong transformasi peningkatan kemahiran tenaga kerja.

Red: Fuji Pratiwi
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso
Foto: Dok Humas Kemenko Perekonomian
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plt Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso menyampaikan bahwa hingga Desember 2023 KEK Kendal telah berhasil menyerap sebanyak 44.349 tenaga kerja.

Salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut juga telah mencetak total realisasi investasi yang mencapai Rp 43,8 triliun dengan 99 pelaku usaha dari 10 negara.

Baca Juga

Kata Susiwijono, keberadaan KEK Kendal mendorong transformasi peningkatan kemahiran tenaga kerja. "Mereka mendapat berbagai pembekalan pelatihan tenaga kerja yang menyesuaikan kebutuhan industri di KEK Kendal," ungkap Susiwijono yang juga sebagai Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian di Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Dari total penyerapan tengara kerja itu, Susiwijono merincikan, sebanyak 2.000 tenaga kerja berasal dari tingkat pendidikan belum tamat SD, tamat SD, dan tamat SMP di Kendal pada tahun 2022-2023. Saat ini, proyeksi keterserapan tenaga kerja dengan tingkat pendidikan SMK di KEK Kendal berjumlah 44.499 orang dari 99 pelaku usaha.

Dari 33 badan usaha dan pelaku usaha yang sudah beroperasi berhasil menyerap sebanyak 11.962 tenaga kerja. Sebanyak 8.835 di antaranya berasal dari Kabupaten Kendal, dengan proyeksi penyerapan dari kegiatan link & match sebanyak 7.823 tenaga kerja.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement