Ahad 25 Feb 2024 20:39 WIB

Ribuan Warga Karawang Tumpah Saksikan Pawai Barongsai Cap Go Meh

Karawang memasukkan perayaan Cap Go Meh sebagai agenda tahunan daerah.

Red: Ani Nursalikah
Perayaan Cap Go Meh.
Foto: Pemkab Karawang
Perayaan Cap Go Meh.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Ribuan warga Kabupaten Karawang, Jabar, tumpah di wilayah perkotaan untuk menyaksikan pawai helatan budaya China dalam perayaan Cap Go Meh 2575 di jalan raya Tuparev dan Kertabumi, Ahad (25/2/2024).

Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa setiap tahun selalu ada perayaan Cap Go Meh di Karawang. Selama perayaan Cap Go Meh di wilayah perkotaan Karawang, kata dia, banyak masyarakat yang menikmati pawai barongsai dan lio.

Baca Juga

"Setiap tahun, perayaan Cap Go Meh selalu ramai. Karena memang bagi masyarakat itu adalah hiburan," katanya.

Seiring dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Karawang memasukkan perayaan Cap Go Meh sebagai agenda tahunan daerah, sehingga bisa menjadi sasaran pengunjung wisata. Selain itu, katanya, pemkab juga akan melakukan perbaikan jalan dengan memasang paving blok agar nantinya jalan Tuparev dan Kertabumi mirip dengan jalan Braga di Bandung.

Perayaan Cap Go Meh 2575 di Karawang dimeriahkan dengan pertunjukan enam grup pengarak joli, 27 liong atau naga, 33 grup barongsai, serta diramaikan dengan pertunjukan kelompok marching band.

Istri presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, yang menghadiri perayaan Cap Go Meh di Karawang menyebutkan bahwa perayaan Cap Go Meh merupakan bagian dari simbol kerukunan umat beragama.

Atas hal tersebut diharapkan perayaan Cap Go Meh bisa memberikan kebahagiaan bagi seluruh warga Karawang. "Semoga negara yang kita cintai adalah tetap tenteram utuh dan sejahtera," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement