Senin 26 Feb 2024 09:30 WIB

Kuyang: Sekutu Iblis Segera Tayang, Begini Cara Islami Hadapi Takut Terhadap Makhluk Gaib

Ada di Alquran, keberadaan makhluk gaib seperti jin dan setan harus diyakini.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Poster film Kuyang: Sekutu Iblis Yang Selalu Mengintai yang tayang pada 7 Maret 2024.
Foto: Dok. Aenigma Pictures
Poster film Kuyang: Sekutu Iblis Yang Selalu Mengintai yang tayang pada 7 Maret 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film horor termasuk genre yang laris di Indonesia. Terbaru, Kuyang: Sekutu Iblis dijadwalkan tayang di bioskop mulai 7 Maret 2024.

Film yang dibintangi Dimas Aditya dan Alyssa Abidin ini ditujukan bukan hanya menjadi hiburan bagi penggemar horor, tetapi juga sebagai sarana memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia, khususnya dalam aspek kepercayaan masyarakat lokal. Bagaimana Islam memandang keberadaan makhluk gaib seperti kuyang? 

Baca Juga

Wakil Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Abdul Muiz Ali memberikan pandangan agama terkait eksistensi hantu dan bagaimana Islam menangani ketakutan terhadap makhluk gaib. Ia menjelaskan, dalam perspektif Islam, keberadaan makhluk gaib seperti jin dan setan adalah sesuatu yang harus diyakini karena disebutkan dalam Alquran.

"Wajib kita meyakini bahwa jin itu ada. Itu wajib kita meyakini karena disebut dalam Alquran. Jadi kalau orang nggak percaya tentang eksistensi keberadaan jin, itu berarti tidak percaya terhadap apa yang disebut dalam Alquran," kata Kiai Muiz kepada Republika.co.id, Jumat (23/2/2024).

Menurut Kiai Muiz, setan adalah salah satu jenis jin yang memiliki kemampuan untuk mengganggu manusia dan menyesatkannya. Di sisi lain, hantu dipercayai bahwa mereka adalah bagian dari jenis syaitan yang berusaha mengganggu dan memfitnah manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement