Senin 26 Feb 2024 21:04 WIB

Media Sosial Jadi Preferensi Kaum Muda Cari Tempat Liburan

Destinasi juga harus "kekinian" dan sedang viral.

Sejumlah remaja berswafoto dengan latar belakang mural di Terowongan Kendal, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Area sekitar taman Stasiun MRT Dukuh Atas menjadi ruang publik favorit yang ramai didatangi oleh kalangan remaja dari daerah pinggiran Ibu Kota. Kedatangan mereka untuk menghabiskan waktu libur sekolah dengan bercengkrama bersama sahabat dan membuat konten media sosial. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah remaja berswafoto dengan latar belakang mural di Terowongan Kendal, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Area sekitar taman Stasiun MRT Dukuh Atas menjadi ruang publik favorit yang ramai didatangi oleh kalangan remaja dari daerah pinggiran Ibu Kota. Kedatangan mereka untuk menghabiskan waktu libur sekolah dengan bercengkrama bersama sahabat dan membuat konten media sosial. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fenomena dalam dunia pariwisata menarik perhatian, terutama bagi generasi muda yang memiliki preferensi akomodasi dan wisata untuk berliburnya berdasarkan pengaruh media sosial, seperti Instagram dan TikTok.

SVP of Accomodation Tiket com Cisyelya Bunyamin mengatakan bahwa generasi muda, utamanya Millenial dan Gen Z, hal-hal paling penting bagi mereka adalah apakah tempat tersebut "instagramable", memiliki spot-spot cantik untuk berfoto, dan kekinian.

Baca Juga

“Anak sekarang pengaruh sosial medianya sangat tinggi, sehingga apa yang direkomendasikan oleh sosial media biasanya dapat tanggapan lebih besar. Secara umum gitu ya. Tentunya faktor-faktor yang biasa mereka lihat adalah ‘instagramable’ tidak propertinya, lucu tidak untuk berfoto, buat spot itu cantik tidak, dan seterusnya. Semua itu bagi mereka jadi pertimbangan,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Sementara, bagi generasi sebelumnya hal seperti itu tidak terlalu penting, karena yang utama adalah kebersihan dan kenyamanan tempat menginap.

Cisyelya menjelaskan hal tersebut terjadi, lantaran bagi anak-anak muda eksposur yang tinggi terhadap sosial media, termasuk rekomendasi di TikTok dan Instagram sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan.

Salah satu faktor penting lainnya adalah ketersediaan WiFi, tanpa WiFi biasanya anak muda tidak mau menginap di tempat yang bersangkutan.

Selain itu, menurut Cisyelya destinasi juga harus "kekinian" dan sedang viral. Sebagai contoh, baru-baru ini Vietnam menjadi tujuan yang sangat populer di kalangan kaum muda.

Begitu suatu tempat menjadi viral, maka generasi muda mayoritas semua ingin pergi ke sana. Destinasi yang sedang viral menjadi pilihan paling mudah diikuti oleh generasi Milenial dan Gen Z dan biasanya akan dikunjungi bersama teman-teman dekat.

Ketika datang ke jenis akomodasi, kaum muda cenderung memilih villa daripada resort, karena lebih suka menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat dalam lingkungan yang lebih privat.

Villa dengan kolam renang pribadi menjadi pilihan favorit. Dengan villa, maka privasi bisa lebih terjaga dan dapat bersenang-senang bersama tanpa gangguan.

“Untuk Millenial Gen Z itu kalau mereka perginya bersama teman-teman gitu atau ‘close friends’ biasanya mereka suka bookingnya villa. Jadi ketika booking villa itu efek serunya dapat, karena ramai,” ungkapnya.

Oleh karena itu, telah terjadi permintaan yang tinggi untuk villa dengan kolam renang pribadi dan kamar tidur yang lebih dari satu di aplikasi Tiket. Sehingga, telah disediakan satu bagian khusus di platform Tiket untuk villa dan apartemen dengan fasilitas khusus, seperti kolam renang pribadi dan dapur.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement