Selasa 27 Feb 2024 08:43 WIB

Instagram UGM Terpopuler No 3 di Jajaran Perguruan Tinggi Dunia, di Bawah Harvard-Oxford

Dua tahun lalu, media sosial UGM berada di peringkat 10 dunia.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Reiny Dwinanda
Media sosial resmi Universitas Gadjah Mada. Jumlah pengikut Instagram UGM telah mencapai angka 1.315.670.
Foto: Dok Instagram/ugm.yogyakarta
Media sosial resmi Universitas Gadjah Mada. Jumlah pengikut Instagram UGM telah mencapai angka 1.315.670.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Media sosial Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih penghargaan. Berdasarkan Instagram University Ranking 2024 yang dirilis UniRank beberapa waktu lalu, UGM masuk dalam peringkat tiga besar perguruan tinggi terpopuler, di bawah Harvard University di peringkat pertama dan University of Oxford di peringkat kedua.

UGM menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam jajaran lima besar, dan mempertahankan capaian sebagai yang terpopuler di Indonesia. Adapun jumlah pengikut Instagram UGM telah mencapai angka 1.315.670.

Baca Juga

"Dua tahun yang lalu kami masih ada di peringkat 10 dunia, namun tahun ini kami bisa melejit ke peringkat tiga. Ini merupakan buah dari kerja keras tim pengelola media sosial UGM dengan dukungan dari berbagai pihak untuk secara konsisten menghadirkan konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Sekretaris Universitas, Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, Senin (26/2/2024).

Sandi mengatakan, pengelolaan media sosial memang penuh dengan tantangan. Selain harus mempelajari perkembangan pada masing-masing platform dan tren yang terus berubah, pemantauan terhadap isu-isu seputar UGM juga menjadi aspek yang penting untuk dilakukan secara konsisten. Keragaman demografi sasaran audiens di masing-masing platform media sosial juga menghadirkan tantangan tersendiri dalam proses perancangan dan produksi konten.

"Tentu tidak mudah mengemas suatu substansi yang berbobot ke dalam kemasan yang menarik dan mudah diterima oleh para audiens. Selalu ada ruang untuk berbenah, dan kami berkomitmen untuk terus bergerak maju," ucapnya.

Selain Instagram, UGM juga menjadi perguruan tinggi terpopuler di Indonesia pada platform Tiktok, seperti yang ditunjukkan oleh hasil riset RevoU pada tahun 2023 lalu. Pada kedua platform tersebut, UGM juga menjadi akun perguruan tinggi pertama yang memperoleh verifikasi atau centang biru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement