Kamis 29 Feb 2024 05:28 WIB

Enam Juta Jamaah Datangi Masjid Nabawi

Jamaah mendapatkan layanan selama di Masjid Nabawi.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Nabawi dipadati jamaah dari berbagai negara.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Masjid Nabawi dipadati jamaah dari berbagai negara.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Otoritas Umum untuk Urusan Masjid Agung dan Masjid Nabi mengumumkan, bahwa lebih dari enam juta jamaah umroh berduyun-duyun ke Masjid Nabawi dalam satu pekan. Menurut otoritas ini sebuah pencapaian yang juga didukung oleh layanan berkualitas tinggi, yang memungkinkan orang banyak untuk melakukan ibadah mereka dengan lancar.

 Dilansir dari Arab News, Kamis (29/2/2024), statistik yang dikeluarkan oleh otoritas menunjukkan bahwa 647.790 orang mengunjungi makam Nabi Muhammad. Selain itu, 298.397 pengunjung melakukan doa di Al-Rawdah Al-Sharifa, mengikuti prosedur organisasi yang mengatur pergerakan orang banyak dan menetapkan waktu sholat khusus untuk pria dan wanita.

Baca Juga

Otoritas juga melaporkan bahwa 16.506 orang lanjut usia dan individu penyandang cacat dapat menggunakan kursi roda listrik yang telah disediakan, untuk memudahkan akses mereka ke Masjid Nabawi. Sementara 114.532 pengunjung mendapat manfaat dari layanan bimbingan, yang membantu mereka dalam menavigasi berbagai pameran, museum, dan area lainnya. 

Sebanyak 147.735 pengunjung mendapat manfaat dari layanan terjemahan, dan 12.205 mencari informasi di perpustakaan Masjid Nabawi.

Lebih dari 5.400 orang mengunjungi pameran dan museum, sementara 30.140 menggunakan layanan transportasi. 

Selain itu, 146.429 hadiah termasuk salinan Alqur'an, payung, keset, pembakar dupa, bunga, dan permen ditawarkan kepada pengunjung

Lebih dari 160 ribu botol air Zamzam diberikan ke pengunjung, dan 142.007 makanan buka puasa didistribusikan di koridor masjid yang diperuntukkan bagi orang-orang yang telah berpuasa.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement