Kamis 29 Feb 2024 19:19 WIB

Siapa yang akan Diusung Gerinda di Pilgub DKI Jakarta? Ini Kata Ahmad Riza Patria

Gerindra akan mengusung kader terbaik untuk Pilgub DKI Jakarta 2024.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Ahmad Riza Patria
Foto: Dok pribadi
Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama-nama kandidat calon gubernur DKI Jakarta mulai mencuat seiring dengan hampir tuntasnya tahapan Pilpres dan Pileg 2024. Kendati begitu, Partai Gerindra mengaku belum sama sekali membahas nama-nama yang hendak diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Kami belum bahas (nama-nama kandidat). Di internal sampai hari ini, kami belum membahas terkait Pilkada DKI Jakarta," kata Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria kepada wartawan di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Baca Juga

Riza mengatakan, partainya saat ini masih fokus mengawal proses rekapitulasi suara hasil Pilpres dan Pileg 2024, yang akan berlangsung hingga 20 Maret 2024. Setelah itu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra baru membahas dan memutuskan sosok yang akan diusung sebagai cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta 2024.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, penentuan sosok cagub-cawagub yang akan diusung partainya memang sepenuhnya di tangan DPP. Karena itu, dirinya sebagai ketua DPD kini dalam posisi menanti keputusan DPP.

"Pak Prabowo, Pak Dasco, Pak Muzani, Pak Hashim dan pimpinan partai lain yang akan memutuskan. Siapa saja nanti yang diputuskan yang terbaik, saya selaku ketua DPD akan melaksanakan keputusan itu sebaik mungkin dan memperjuangkan siapapun yang nanti diputuskan," kata Riza.

Partai Gerindra untuk sementara tercatat sebagai partai peraih suara terbanyak ketiga dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD DKI Jakarta. Raihan sementara sebesar 12,29 persen itu tentu menjadi modal besar bagi Gerindra untuk berkoalisi dengan partai lain guna mengusung pasangan cagub-cawagub.

Ketika ditanya apakah Gerindra sebagai partai peraih suara tertinggi ketiga ingin kadernya yang menjadi cagub, Riza hanya menyebut bahwa Gerindra ingin mengusung kader terbaiknya. Dia lantas menyinggung sejarah Gerindra mengusung kader terbaiknya, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai cawagub pendamping Jokowi pada 2012 dan Sandiaga Uno sebagai cawagub pendamping Anies pada 2017.

"Nanti 2024 kita liat ya keputusannya. Kondisinya sangat dinamis. Nanti akan diusung yang terbaik dari Partai Gerindra," kata Riza.

Sejumlah pengamat politik menilai, Riza merupakan salah satu tokoh yang masuk bursa kandidat cagub DKI. Selain dia, ada juga nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, elite Partai Nasdem Ahmad Sahroni, eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ahok yang diyakini masuk bursa. Lalu, nama Menteri Sosial Tri Rismaharini, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

 

photo
TransJakarta ubah nama-nama halte. - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement