Jumat 01 Mar 2024 14:58 WIB

Kebun Binatang Bandung Duga Gerombolan Monyet Berkeliaran di Pemukiman Sedang Cari Makan

Gerombolan monyet liar yang berkeliaran di pemukiman merupakan monyet ekor panjang

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Seekor monyet ekor panjang (Ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Seekor monyet ekor panjang (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Pengelola Kebun Binatang Bandung ikut berkomentar terkait kemunculan gerombolan monyet yang berkeliaran di atap-atap rumah milik warga di Coblong hingga Cibeunying, Kota Bandung beberapa waktu lalu. Mereka memastikan, tidak ada satwa monyet yang lepas dari Kebun Binatang Bandung.

Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii mengatakan tidak terdapat satwa monyet yang lepas dari Kebun Binatang Bandung. Mereka mengaku sudah melakukan pengecekan dan pengawasan satwa di kandang. "Bukan dari Bonbin, sudah dilakukan pengecekan," ujar Sulhan saat dihubungi, Jumat (1/2/2024).

Baca Juga

Sulhan menduga, gerombolan monyet liar yang berkeliaran di pemukiman merupakan monyet ekor panjang. Pria yang akrab disapa Aan ini menduga satwa tersebut berasal dari kawasan hutan. "Kalau bergerombol gitu biasanya ada pimpinan jantan. Kemungkinan dari kawasan hutan, kelompok yang dalam persaingan makanan kalah dan terdesak sehingga lari ke kota," kata dia.

Aan menyebut hal biasa persaingan satwa dalam memperoleh makanan. Apabila kalah, maka pimpinan grup satwa tersebut akan mengajak pergi rombongan sehingga ditemukan masuk ke beberapa titik pemukiman.

Aan mengatakan pimpinan grup satwa monyet tersebut yang merupakan pejantan menentukan arah grup tersebut. Ia menambahkan, cara menangkap monyet tersebut relatif sulit karena relatif monyet jantan pintar. "Nangkap yang begini rumit, karena yang jantan pintar. Kalau pakai jaring akan melihat jaring dan kabur. Susah nangkap yang begini mereka jeli dan tahu," katanya.

Aan pun, menyarankan apabila hendak menangkap gerombolan monyet tersebut dapat menggunakan obat bius yang dimasukan ke makanan. Namun, cara tersebut harus dilakukan serentak.

Rekaman video yang memperlihatkan gerombolan monyet berkeliaran di atap-atap rumah milik warga di Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Rabu (28/2/2024) menghebohkan masyarakat. Kawanan monyet tersebut belum diketahui datang dan berasal dari mana.

Seperti dilihat dalam video tersebut, lebih dari lima monyet berkeliaran di atap-atap dan kanopi bangunan rumah warga. Kawanan monyet tersebut pun bergelantungan di kabel listrik di wilayah Sekeloa. Keberadaan monyet-monyet tersebut belum dapat dipastikan datang dari mana. Kawanan monyet pun belum diketahui bergerak ke wilayah mana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement