Jumat 01 Mar 2024 19:02 WIB

Jenderal Ukraina: Pasukan Kiev Pukul Balik Pasukan Rusia

Presiden Zelenskyy mengatakan, pasukannya kekurangan amunisi untuk membalas Rusia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Didi Purwadi
Tentara Ukraina
Foto: AP Photo/Andriy Dubchak
Tentara Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Komandan Angkatan Darat Ukraina Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi mengatakan, pasukan Ukraina memukul balik pasukan Rusia dari Desa Orlivka, sebelah barat Avdiivka. Namun, situasi di front timur masih sulit. Orlivka sekitar 2 kilometer sebelah barat laut Lastochkyne yang diduduki pasukan Rusia pekan ini.

Pihak berwenang Ukraina mengatakan, pekan lalu pasukan Rusia merebut Kota Avdiivka setelah pertempuran selama berbulan-bulan dan menekan daerah-daerah lain di garis pertempuran. Pekan ini, militer Ukraina mengatakan, mereka mundur dari lebih dua desa di Avdiivka, menandakan Ukraina kehilangan semakin banyak wilayah saat dukungan sekutu Barat melemah.

''Musuh-musuh masih aktif melancarkan serangan di banyak wilayah di garis pertempuran, situasinya tegang terutama di sektor Avdiivka dan Zaporizhia," kata Syrskyi dalam aplikasi kirim-pesan Telegram, Jumat (1/3/2024).

Ia mengatakan, unit-unit serang Ukraina mencoba menerobos pertahanan Rusia dan merebut pemukiman Tonenke, Orlivka, Semenivka, Berdychi dan Krasnohorivka. Syrskyi yang berkunjung ke front timur, mengatakan beberapa komandan mengungkapkan penurunan 'kesadaran situasional dan penilaian terhadap musuh' yang berdampak pada kelangsungan pertahanan di wilayah-wilayah tertentu.

"Saya mengambil semua langkah untuk memperbaiki situasi di lapangan, dengan mengalokasikan amunisi dan sumber daya materi tambahan serta pasukan cadangan yang diperlukan," kata Syrskyi.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pasukannya mengamankan sejumlah posisi menguntungkan di sektor Avdiivka dan menimbulkan banyak kerugian pada unit-unit Ukraina di Orlivka dan desa-desa di dekatnya. Pernyataan kedua belah pihak belum dapat diverifikasi secara mandiri.

Komandan Ukraina di sejumlah wilayah menggambarkan 'perbedaan signifikan' dalam pertempuran sejak Avdiivka berpindah tangan. ''Rusia memiliki lebih sedikit kesempatan untuk melibatkan udara, tapi artileri dan drone FPV (First Person View) digunakan dalam jumlah besar," kata deputi komandan Brigade Tempur Terpisah Ketiga, Maksym Zhorin, di Telegram.

"Di atas semua ini, terdapat infantri yang tak teratur. Terkadang kami melihat kelompok hingga 40 orang berlari di tengah lapangan dalam situasi yang tidak terorganisasi,'' katanya.

Dalam unggahan terpisah, Brigade Ketiga mengatakan, pasukannya bergerak maju ke Kota Krasnohorivka dengan kendaraan lapis baja. Mereka berhasil memaksa puluhan pasukan Rusia melarikan diri.

"Musuh tidak berniat untuk mundur dan bertahan di semua bangunan, Rusia diusir dari sana dengan kekuatan peluru dan granat," kata brigade.

Militer Ukraina dan Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan pasukannya kekurangan peralatan dan amunisi yang dibutuhkan untuk membalas serangan Rusia. Sebab, bantuan dari Barat mulai melemah.

Di media sosial X, Zelenskyy mengatakan pada Februari bahwa pertahanan udara Ukraina cukup berhasil. Mereka menjatuhkan 13 pesawat, termasuk 10 pesawat tempur Su-34, 2 pesawat Su-35, dan 1 kapal pengintai A-50.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا لَكُمْ اَلَّا تُنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلِلّٰهِ مِيْرَاثُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا يَسْتَوِيْ مِنْكُمْ مَّنْ اَنْفَقَ مِنْ قَبْلِ الْفَتْحِ وَقَاتَلَۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْظَمُ دَرَجَةً مِّنَ الَّذِيْنَ اَنْفَقُوْا مِنْۢ بَعْدُ وَقَاتَلُوْاۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ࣖ
Dan mengapa kamu tidak menginfakkan hartamu di jalan Allah, padahal milik Allah semua pusaka langit dan bumi? Tidak sama orang yang menginfakkan (hartanya di jalan Allah) di antara kamu dan berperang sebelum penaklukan (Mekah). Mereka lebih tinggi derajatnya daripada orang-orang yang menginfakkan (hartanya) dan berperang setelah itu. Dan Allah menjanjikan kepada masing-masing mereka (balasan) yang lebih baik. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Hadid ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement