Sabtu 02 Mar 2024 00:05 WIB

Pernah Sampaikan Dukungan untuk Israel, Kini Legenda UFC Royce Gracie Justru Jadi Mualaf

Gracie menambah daftar petarung elite yang pindah ke Islam.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda UFC Royce Gracie. Sang legenda memutuskan memeluk agama Islam.
Foto: Dok. Twitter Royce Gracie
Legenda UFC Royce Gracie. Sang legenda memutuskan memeluk agama Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Eagle, Khabib Nurmagomedov, menjadi juara UFC Muslim pertama. Kemenangannya meraih gelar juara membuat olahraga ini berkembang pesat di Timur Tengah. Popularitas Nurmagomedov juga memopulerkan agamanya di Barat. Baru-baru ini, juara tinju tak terkalahkan Gervonta Davis juga memeluk Islam. Kini, legenda UFC Royce Gracie juga memeluk Islam.

Penerimaan Gervonta Davis terhadap Islam tidak terlalu mengejutkan, tapi penerimaan Gracie terhadap Islam cukup mengejutkan banyak orang. Hal ini karena Gracie pernah mendukung IDF dan negara Israel dalam konflik Israel-Palestina. Sebagai konteks, meskipun konflik ini terjadi antara Israel dan Palestina, narasinya adalah konflik antara Yahudi dan Islam. Beberapa petarung UFC telah menyatakan di mana kesetiaan mereka berada dalam konflik tersebut.

Baca Juga

Gracie berpindah ke agama barunya di Deen Center di Florida, Amerika Serikat, dengan bimbingan ulama Islam Syaikh Utsman. Tidak diketahui secara pasti nama apa yang dipilih Gracie setelah pindah agama. Orang-orang yang masuk Islam memilih nama baru yang mungkin berasal dari bahasa Arab. Gervonta Davis telah memilih nama Abdul Waheed setelah pindah agama.

Royce Gracie adalah orang yang memopulerkan BJJ di MMA. Ia juga merupakan superstar pertama di UFC dan memenangkan tiga turnamen UFC saat promosi ini masih memiliki struktur turnamen. Selain itu, semua kemenangannya adalah melawan lawan yang jauh lebih besar.

Para penggemar tarung bereaksi terhadap perpindahan agama Royce Gracie yang mengejutkan ke Islam. 

Masuknya Royce Gracie ke dalam agama Islam secara mengejutkan sepekan setelah dukungan publiknya terhadap Israel dalam konflik Israel-Palestina mengejutkan para penggemar olahraga tarung. Dikenal sebagai superstar UFC asli, para penggemar dan petarung sangat menghormati pemenang tiga kali turnamen UFC ini.

Perpindahan agama Gracie dapat berdampak serius pada persepsi dunia olahraga terhadap Islam, mengingat posisinya sebagai legenda MMA. 

Gracie hanya berkompetisi sebanyak 20 kali di MMA dengan rekor 15 kali menang, dua kali kalah dan tiga kali seri. Dia menjadi tajuk utama UFC 60 melawan Matt Hughes, memecahkan beberapa rekor untuk promosi tersebut. 

Meskipun Gracie kalah dalam pertarungan di ronde pertama melawan juara kelas welter UFC, bayarannya empat kali lipat dari Hughes. UFC 60 merupakan acara yang luar biasa karena selebritas seperti Paul Walker, Kim Kardashian, Paris Hilton, Nicolas Cage, dan Cindy Crawford menghadiri acara PPV tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement