Ahad 03 Mar 2024 18:59 WIB

Salimah 24 Tahun Berkembang Bersama Dukungan Mitra

Salimah meletakkan fokus program pada tiga bidang, yaitu dakwah, diklat, dan ekonomi.

Red: Didi Purwadi
Persaudaraan Muslimah (Salimah) menggelar acara milad Salimah ke-24 dan Tarhib Ramadhan di Hotel Oakwood, Jakarta, Sabtu (2/3/2024).
Foto: Dok. Salimah
Persaudaraan Muslimah (Salimah) menggelar acara milad Salimah ke-24 dan Tarhib Ramadhan di Hotel Oakwood, Jakarta, Sabtu (2/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persaudaraan Muslimah (Salimah) menginjak usia 24 tahun, memberikan award kepada mitra donatur. Pemberian penghargaan dilaksanakan dalam acara milad Salimah ke-24 dan Tarhib Ramadhan di Hotel Oakwood, Jakarta, Sabtu (2/3/2024).

''Dari lubuk hati yang paling dalam, kami ingin mengucapkan terimakasih kepada Dewan Pertimbangan Salimah, para ketua umum dan pengurus terdahulu maupun sekarang, serta seluruh mitra dan donatur yang telah memberikan dukungan berupa pikiran, waktu, kesempatan, dan dana kepada Salimah, sehingga Salimah tumbuh berkembang dan meluas manfaatnya ke masyarakat,'' kata Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati, dalam keterangan pers yang diterima Republika.

Penghargaan diberikan kepada PT Pegadaian Syariah, PT Paragon, HNI, Yakesma, MUC, dan donatur-donatur perorangan. Kontribusi berbagai pihak membuat Salimah saat ini berkembang dan eksis di 36 provinsi, 399 kabupaten/kota, 2.151 kecamatan, 1.126 kelurahan/desa dan 1 perwakilan luar negeri.

Organisasi dengan visi "Menjadi Ormas Perempuan Pelopor dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan, Anak dan Keluarga Indonesia" ini meletakkan fokus program pada tiga bidang, yaitu dakwah, diklat, dan ekonomi. Di bidang dakwah, Salimah telah memiliki 1.381 Majelis Taklim dengan 865 Mubalighah serta 1.169 Baitul Quran Salimah (BQS) dengan 20.375 santri yang belajar membaca dan menghafal Al Quran.

Di bidang pendidikan, Salimah melaksanakan Sekolah Lansia (Salsa) yang diikuti 7.500 siswa. Ada pula program cegah stunting anak dan remaja melalui penyuluhan kepada 5.000 siswa SD, SMP dan SMA, penanggulangan stunting kepada 100 remaja, serta pemberian 2.000 paket nutrisi untuk anak dan balita.

Di bidang ekonomi, Salimah memiliki 119 koperasi yang tersebar di kabupaten se-Indonesia. Selain itu, juga ada lebih dari 600 outlet Salimah yang melibatkan 2.698 UMKM perempuan.

''Salimah juga memiliki badan usaha untuk membantu masyarakat mendapatkan produk olahan pangan halal, yaitu Salimah Food," kata Etty.

Ia menambahkan, Ormas perempuan ini memiliki LP3H, yaitu Halal Center Salimah (HCS) yang membantu mendampingi pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikat halal. Salimah juga telah terdaftar sebagai Lembaga Pengelola Wakaf (Nadzir) di BWI sejak tahun 2019. 

''Salah satu program Wakaf Salimah adalah Gerakan Wakaf dua ribu setiap hari Jumat di seluruh Indonesia. Potensi Wakaf yang terkumpul digunakan untuk menguatkan modal perusahaan PT SPC dan mewujudkan Salimah Center di seluruh Indonesia sebagai Center of Excellence (CoE) Salimah dalam bidang dakwah, diklat dan ekonomi," imbuhnya.

Ia berharap, kerjasama dan dukungan kepada Salimah di berbagai daerah terus berlanjut. Masing-masing pihak diharapkan dapat saling menguatkan dan memberikan manfaat untuk kebaikan masyarakat Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement