Ahad 03 Mar 2024 20:18 WIB

Persebaya Amankan Tiga Poin Saat Ladeni PSS Sleman

Laga diwarnai aksi tak terpuji gelandang PSS yang terlihat menendang kepada Bruno.

Red: Israr Itah
Pesepak bola Persebaya Surabaya Muhammad Iqbal (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (3/3/2024). Persebaya menang dengan skor 2-1.
Foto: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi
Pesepak bola Persebaya Surabaya Muhammad Iqbal (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (3/3/2024). Persebaya menang dengan skor 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Persebaya Surabaya menang dengan skor 2-1 atas tamunya PSS Sleman pada laga pekan ke-27 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Ahad (3/3/2024) petang. Dua gol Persebaya tercipta melalui M Iqbal pada menit pertama dan Bruno Moreira pada menit ke-30. Gol balasan PSS Sleman dicetak oleh Esteban Vizcarra pada menit ke-47. 

Dengan kemenangan ini, Persebaya naik ke peringkat sembilan klasemen sementara dengan total 35 poin dari 27 pertandingan. Sementara PSS tetap di peringkat ke-14 dengan total 31 poin dari 27 laga.

Baca Juga

Sejak babak pertama dimulai, penggawa Persebaya langsung menyerang pertahanan lawan dan M Iqbal membuka keran gol pada menit pertama lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Skor langsung berubah menjadi 1-0.

PSS yang tertinggal di menit awal langsung membalas menyerang. Namun pertahanan klub berjuluk Bajol Ijo tersebut masih kuat. 

PSS mengkreasi peluang melalui kaki Hokky Caraka pada menit ke-11, tapi masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Persebaya yang dikawal Andhika Ramadhani.

Persebaya yang ingin menambah pundi-pundi gol membuat peluang lewat Paulo Henrique yang mendapat umpan dari Tata pada menit ke-12. Sayang tendangannya melebar ke sebelah kiri penjaga gawang PSS Sleman yang dikawal Anthony Pinthus.

Menit ke-18 tensi memanas setelah Wahyudi Hamisi bernafsu menghalau bola di kaki pemain Persebaya, tapi tampak mengenai kepala Bruno Moreira yang tengah terbaring di rumput lapangan. Keributan pun tak terelakkan. Meskipun dalam tayang ulang terlihat ada kontak fisik setelah insiden itu, wasit Ginanjar Rahman Latif hanya mengeluarkan tiga kartu kuning, dua untuk pemain PSS, satu untuk pemain Persebaya.

Dusan Stevanovic membuat peluang pada menit ke-20 melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih bisa ditepis penjaga gawang Anthony Pinthus dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Pada menit ke-29, pemain asing Persebaya asal Brasil Paulo Henrique lepas dari pengawalan dan dijegal oleh penjaga gawang Anthony Pinthus, akhirnya wasit menunjuk titik putih.

Bruno Moreira yang mengambil kesempatan tersebut tidak menyia-nyiakan. Sontekannya berhasil memperbesar skor menjadi 2-0.

PSS yang tertinggal dua gol, makin memperkuat serangannya. Hokky Caraka membuat peluang dan berhadapan langsung dengan Andhika Ramadhani pada menit ke-34, tapi masih bisa ditepis.

Pada babak kedua, PSS langsung menyerang pertahanan Persebaya. Jasilnya Esteban Vizcarra menjebol gawang Andhika Ramadhani pada menit ke-47. Skor sementara berubah menjadi 2-1.

Dua kali pemain PSS Elvis Kamsoba membuat peluang, yakni pada menit ke-59 dan ke-70. Namun tendangannya masih di atas mistar gawang Persebaya. 

Menjelang akhir pertandingan, pasukan Super Elang Jawa meningkatkan intensitas serangan melalui umpan-umpan pendek antarpemain sehingga membuat pertahanan Persebaya sedikit keteteran.

Namun Persebaya masih mampu membuat peluang menjelang akhir pertandingan melalui Toni Firmansyah yang menggantikan M Iqbal, sayangnya tendangan jarak jauhnya masih melebar tipis dari gawang PSS. Keunggulan Persebaya tak berubah hingga laga berakhir. 

Pada pertandingan selanjutnya, Persebaya akan melawat ke kandang Borneo FC pada 7 Maret, sedangkan PSS Sleman juga akan melakoni laga tandang ke markas PSM Makassar pada 8 Maret.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement