Senin 04 Mar 2024 00:48 WIB

Barcelona Buka Pembicaraan dengan Hansi Flick untuk Gantikan Xavi

Hansi Flick belum menangani tim setelah dipecat timnas Jerman.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Hansi Flick
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Hansi Flick

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona dilaporkan telah membuka pembicaraan dengan mantan pelatih Bayern Munchen dan timnas Jerman Hansi Flick untuk pekerjaan pelatih di Camp Nou.

Pada akhir musim ini, juara bertahan La Liga ini akan berpisah dengan pelatih kepala sekarang Xavi Hernandez, yang mengumumkan pengunduran dirinya dalam konferensi pers setelah kalah 5-3 dari Villarreal pada Januari lalu.

Baca Juga

Barcelona telah mencapai performa terbaiknya dengan empat kemenangan dan dua kali seri dari enam pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Hasil yang mengarah pada dugaan bahwa Xavi bisa melakukan perubahan yang mengejutkan.

Presiden Joan Laporta dan direktur olahraga Deco belum putus asa untuk mempertahankan Xavi di kursi panas. Namun mantan gelandang Blaugrana itu telah menegaskan kembali keinginannya untuk meninggalkan klub setelah musim kompetisi berakhir.

Sejak Xavi pertama kali mengungkapkan niatnya untuk mundur, sejumlah besar pelatih terkenal diperkirakan akan mengambil alih posisi mantan manajer Al-Sadd, termasuk Flick yang tidak terikat.

Menurut jurnalis Florian Plettenberg, dikutip dari Sportsmole, Barcelona kini telah mengadakan diskusi konkret dengan pelatih Jerman itu, yang merupakan salah satu kandidat utama mereka untuk menggantikan Xavi pada musim 2024-25.

Flick diketahui terbuka untuk mengambil alih kendali tim Katalunya. Dia telah menjadi target presiden Laporta bahkan sebelum menjadi manajer Jerman pada musim panas 2021, beberapa bulan sebelum Xavi menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih kepala Barca.

Pelatih berusia 59 tahun itu juga bisa segera mulai bekerja di Katalunya, setelah dibebaskan dari tugasnya sebagai pelatih kepala Jerman pada September tahun lalu setelah lima pertandingan tanpa kemenangan yang menyedihkan.

Pertandingan terakhir Flick sebagai pelatih Die Mannschaft berakhir dengan kekalahan 1-4 dalam laga persahabatan kontra Jepang, sebelum Jerman tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 dan juga gagal lolos ke final Nations League 2022-23.  .

Meskipun gagal memimpin Jerman, Flick sudah memiliki banyak pujian berkat pencapaian luar biasa bersama Bayern Munchen, di mana ia memenangkan tujuh trofi dari 2019 hingga 2021.

Raksasa Bavaria memenangkan sextuple terkenal di bawah asuhannya, dinobatkan sebagai juara di Liga Champions, Bundesliga (dua kali), Piala Dunia Antarklub, DFB-Pokal, Piala Super UEFA dan Piala Super Jerman sebelum dia menjawab panggilan Jerman.

Bulan lalu, Flick dilaporkan telah menunjuk Pini Zahavi sebagai agen barunya di tengah minat dari Barcelona, ​​yang memiliki beberapa kandidat lain jika negosiasi dengan pria berusia 59 tahun itu gagal.

Roberto De Zerbi dari Brighton & Hove Albion, Simone Inzaghi dari Inter Milan, mantan manajer Manchester United Ralf Rangnick, dan Thomas Tuchel - yang akan meninggalkan Bayern pada akhir musim - semuanya telah dikaitkan dengan Barcelona.

Jurgen Klopp masih diyakini sebagai kandidat impian Barca, dan pelatih Jerman itu dikabarkan terbuka untuk menjajaki kepindahan ke Spanyol. Namun ia akan mengambil cuti selama setahun setelah keluar dari Liverpool pada akhir musim. 

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement