Senin 04 Mar 2024 12:14 WIB

Kehadiran iOS 18 akan Jadi Peningkatan Terbesar bagi Apple 

Apple akan terus menerapkan banyak perubahan AI di iOS 18.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Ponsel iPhone 13 pro. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta membuka sejumlah lowongan tenaga ahli publikasi Enjoy Jakarta.
Foto: Appleinsider
Ponsel iPhone 13 pro. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta membuka sejumlah lowongan tenaga ahli publikasi Enjoy Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- iOS 18 Apple diluncurkan pada bulan Juni di Worldwide Developers Conference. Peningkatan iPhone ini akan menjadi yang terbesar bagi Apple, sebab iOS 18 hadir dengan berbagai penyempurnaan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) yang akan mengubah iPhone Anda sepenuhnya. 

Dilansir Forbes, Senin (4/3/2024) Apple telah berbicara tentang sifat AI yang mengubah permainan, dengan CEO Tim Cook baru-baru ini mengatakan kepada pemegang saham bahwa pembuat iPhone akan “membuka terobosan baru” pada tahun 2024, menurut MacRumors. 

Baca Juga

“Kami yakin ini akan membuka peluang transformatif bagi pengguna kami,” kata Cook dalam rapat pemegang saham tahunan Apple. 

Dan sepertinya perusahaan akan terus menerapkan banyak perubahan AI di iOS 18, meskipun ada penolakan dari beberapa pihak. Bloomberg melaporkan, para pemegang saham pembuat iPhone menolak permintaan yang didukung oleh buruh untuk laporan transparansi AI yang menyelidiki apakah Apple menggunakan AI secara etis. 

Jadi, apa yang diharapkan pengguna iPhone ketika Apple meluncurkan iOS 18 dalam waktu beberapa bulan? Komentator Bloomberg Apple, Mark Gurman,dalam buletin Power On-nya, menulis dia beri tahu bahwa sistem operasi baru ini dipandang oleh perusahaan sebagai salah satu pembaruan iOS terbesar, jika bukan yang terbesar, dalam sejarah perusahaan. 

“Dengan pengetahuan tersebut, konferensi pengembang Apple pada bulan Juni seharusnya cukup menarik,” tulis Gurman. 

Gurman telah menyoroti ambisi AI Apple tahun lalu, menjelaskan bagaimana pembuat iPhone menghentikan pengerjaan iOS 18 untuk men-debug perangkat lunak dan fokus pada peningkatan otomatis di aplikasi Apple, yang didukung oleh model bahasa besar (LLM) pembuat iPhone, Ajax. 

Peluncuran fitur-fitur AI akan dilakukan secara bertahap. Tidak semua kemampuan baru akan hadir iOS 18. Namun, sepertinya pembaruan Apple berikutnya tentu patut untuk diwaspadai. 

Yang perlu diketahui menjelang....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement