Senin 04 Mar 2024 17:05 WIB

Guardiola Sanjung Phil Foden Salah Satu Pemain Terbaik di Liga Inggris

Foden menginspirasi kemenangan City pada laga itu lewat dua golnya.

Red: Israr Itah
Pemain Manchester City Phil Foden.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Pemain Manchester City Phil Foden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Manchester City mengatakan, pilar timnya Phil Foden merupakan salah satu pemain terbaik di Liga Primer Inggris. Sanjungan ini dilontarkan Guardiola setelah sang pemain tampil mengesankan saat membintangi kemenangan City 3-1 atas Manchester United (MU) dalam laga derby Manchester di Stadion Etihad, Ahad (3/3/2024).

Foden menginspirasi kemenangan City pada laga itu lewat dua golnya pada menit ke-56 dan 80. Tambahan gol dari Erling Haaland pada injury time membawa City comeback setelah sebelumnya tertinggal lewat gol Marcus Rashford pada menit kedelapan.

Baca Juga

Torehan dua golnya itu menjadikan Foden kini mengoleksi 18 gol di semua kompetisi musim ini. Catatan ini merupakan yang terbanyak dalam semusim oleh gelandang serang 23 tahun itu bersama the Citizens.

“Dia seperti itu sekarang pada musim ini, ya. Salah satu yang terbaik. Saya selalu merasa dia akan mencetak gol. Pada sesi latihan saya merasakan itu,” kata Guardiola, dilansir dari laman resmi klub, Senin (4/3/2024).

“Sekarang dia memenangkan pertandingan. Untuk menjadi kelas dunia Anda harus memenangkan pertandingan. Dia hidup untuk bermain sepak bola,” tambahnya.

Guardiola menilai Foden akan terus belajar dalam usianya yang relatif muda untuk menjadi lebih baik lagi.

“Rashford mencetak gol yang luar biasa, Phil juga mencetak gol yang luar biasa,” kata Guardiola.

Pada usia yang masih muda, Pep mengatakan Foden adalah paket lengkap pemain yang sangat memahami sistem bermainnya.

“Ketika saya tiba, dia berusia 17 tahun dan dia mengidapnya. Dia hidup untuk bermain sepak bola. Dia suka itu. Dia memahami secara defensif apa yang harus dia lakukan, sebelumnya dia tidak terlalu bagus, jadi dia memahami permainan dengan lebih baik sekarang,” ungkap Guardiola.

“Yang paling penting, ketika dia membawa bola dekat kotak penalti, semua orang merasa bahwa sesuatu akan terjadi,” katanya.

Kemenangan ini, membuat City terus menempel ketat Liverpool yang ada di puncak klasemen dengan selisih satu poin.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement