Senin 04 Mar 2024 19:27 WIB

Phil Foden Ungkap Instruksi Khusus Guardiola yang Hasilkan Gol Keduanya ke Gawang MU

Foden lepas dari penjagaan saat mencetak gol kedua Manchester City.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Phil Foden (kanan) dari Manchester City merayakan bersama rekan setimnya Bernado Silva (kiri) setelah mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Manchester United, di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad (3/3/2024).
Foto: EPA
Phil Foden (kanan) dari Manchester City merayakan bersama rekan setimnya Bernado Silva (kiri) setelah mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Manchester United, di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad (3/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pep Guardiola memberikan instruksi khusus untuk Phil Foden yang berbuah gol kedua Manchester City ke gawang Manchester United dalam laga pekan ke-27 Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Ahad (3/3/2024). Tuan rumah City memenangi laga ini dengan skor 3-1.

Sang juara bertahan Liga Primer Inggris kembali hanya berjarak satu poin dari pemuncak klasemen saat ini, Liverpool, dengan kemenangan comeback sensasional atas rival bebuyutan mereka di kandang sendiri.

Baca Juga

Gol pembuka brilian Marcus Rashford pada babak pertama disamakan oleh gol yang sama hebatnya dari Phil Foden pada babak kedua. Sang pemain dari Akademi City mencetak gol keduanya dan dipungkasi tendangan menyilang Erling Haaland pada injury time laga.

Hampir sepanjang pertandingan Foden beroperasi di sisi kanan dari formasi menyerang Manchester City. Ia memotong dari posisi melebar ke dalam untuk mencetak gol penyeimbang dengan tendangan keras yang tak terjangkau oleh Andre Onana.

Berbicara setelah pertandingan, Foden mengungkapkan pelatihnya menginstruksikan Bernardo Silva dan Foden untuk bertukar posisi. Sebuah saran jitu karena dalam satu momen Foden kemudian tak terkawal. Ia leluasa melepaskan tendangan yang berbuah gol setelah merangsek dari sisi kiri, menembus pertahanan MU.

"Ya, manajer mengatakan bertukar posisi dengan Bernardo (Silva). Saya berganti posisi dan tidak lama kemudian saya berhasil mencetak gol kedua. Manajer tahu yang terbaik dan saya mendengarkannya dan pada akhirnya hal itu terbayar lunas," ungkap Phil Foden. 

Untuk sebagian besar musim yang sedang berlangsung, Phil Foden telah memberikan penampilan yang mengejutkan dari posisi seagai penyerang depan tim. Namun, kembalinya Kevin De Bruyne dan penampilannya setelah itu membuat Pep Guardiola berpikir ulang mengenai sistemnya.

Foden diharapkan dapat memainkan peran penting dalam pertandingan tersisa Manchester City musim ini. Mengingat penampilannya yang luar biasa dan paling produktif di depan gawang hingga saat ini.

Laha berikutnya bagi City adalah perjalanan ke Anfield menghadapi Liverpool asuhan Jurgen Klopp. Kemenangan di Merseyside akan membawa City unggul dua poin di puncak klasemen menuju pertandingan melawan Arsenal pada akhir bulan ini.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement