PMI Rejang Lebong Gencarkan Donor Darah Amankan Stok Selama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Mar 2024 23:06 WIB

Ilustrasi. Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, REJANG LEBONG -- Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menggencarkan kegiatan donor guna mengamankan stok darah, guna memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama selama bulan Ramadhan.

"Saat ini kita tengah menggencarkan kegiatan donor darah rutin maupun donor darah massal guna memenuhi stok darah selama Ramadhan nanti," kata tenaga sukarela Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Rejang Lebong Mardiani di Rejang Lebong, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Dia menjelaskan, stok darah yang disiapkan selama Ramadhan tersebut untuk memenuhi kebutuhan darah di RSUD Rejang Lebong dan dua rumah sakit swasta maupun klinik yang ada di wilayah itu. Upaya pemenuhan stok darah PMI ini, di antaranya ialah melalui kegiatan donor darah massal yang akan dilaksanakan pada 8, 9, dan 10 Maret 2024.

"Untuk kegiatan donor darah rutin ini akan kita laksanakan di Kecamatan Padang Ulak Tanding. Kemudian donor darah massal di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang," ujarnya.

Donor darah ini ditargetkan bisa menghimpun hingga 100 kantong darah. Jumlah itu diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan untuk operasi pasien selama bulan puasa Ramadhan.

Sementara itu, stok darah di bank darah PMI Rejang Lebong terhitung sampai 4 Maret 2024, tersisa 32 kantong terdiri dari golongan darah A sebanyak sembilan kantong, golongan darah B sebanyak sembilan kantong, golongan darah O enam kantong dan golongan darah AB sebanyak delapan kantong.

Ketersediaan stok darah PMI Kabupaten Rejang Lebong itu sendiri selain disumbangkan pendonor tetap, relawan PMI dan juga pendonor yang berasal dari keluarga pasien.

Dia mengimbau warga Kabupaten Rejang Lebong untuk menjadi pendonor tetap atau relawan PMI sehingga bisa membantu pemenuhan kebutuhan darah untuk operasi di RSUD Rejang Lebong dan tempat lainnya.

Terpopuler