Selasa 05 Mar 2024 15:33 WIB

Maybank Indonesia dan Maybank Islamic Sumbang Rp 5,5 Miliar untuk Keluarga Penerima Zakat

Maybank memberikan bantuan sosial sebesar RM 1,7 Juta ke warga di 11 negara

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Bank Maybank Indonesia Tbk melalui Unit Usaha Syariah (UUS) bersama Maybank Islamic menggelar program Regional Ramadhan Relief di Jakarta, Sabtu (2/4/2024).
Foto: dok Maybank Indonesia
PT Bank Maybank Indonesia Tbk melalui Unit Usaha Syariah (UUS) bersama Maybank Islamic menggelar program Regional Ramadhan Relief di Jakarta, Sabtu (2/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Maybank Indonesia Tbk melalui Unit Usaha Syariah (UUS) bersama Maybank Islamic menggelar program Regional Ramadhan Relief di Jakarta, Sabtu (2/4/2024).

Dalam program ini Maybank memberikan bantuan sosial sebesar 1,7 Juta ringgit Malaysia (setara dengan Rp 5,5 Miliar) untuk keluarga kurang mampu dan para penerima zakat di 11 negara, termasuk Indonesia. Paket bantuan tersebut akan dibagikan kepada lebih dari 6.000 keluarga kurang mampu dan para penerima zakat di 11 negara, termasuk Indonesia.

Secara simbolis pembagian paket bantuan Ramadhan Relief diserahkan oleh Deputy Chief Executive Officer Maybank Islamic Nor Sharizan Sulaiman dan Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria kepada 100 perwakilan dari 590 keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia dengan disaksikan oleh Chairman Maybank Islamic Dato' Zulkiflee Abbas Abdul Hamid dan Chairman Islamic Relief Malaysia (IRM) Prof. Dr. Azni Idris.

Turut hadir Dewan Direksi Maybank Islamic dan Maybank Indonesia, Chief Executive Officer IRM Mohd Shukor Tahir, Head Syariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari serta Dewan Pengawas IRM.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan keterlibatan Maybank Indonesia melalui UUS dalam program Regional Ramadhan Relief ini merupakan wujud kontribusi Bank kepada komunitas dan masyarakat selaras dengan misi Humanising Financial Services.

“Ini adalah upaya kami untuk meringankan beban keluarga yang membutuhkan selama Ramadhan yang sejalan dengan komitmen kami sebagai institusi perbankan untuk berbagi manfaat sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah serta memberikan dampak yang positif pada masyarakat,” jelas Taswin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (4/3/2024).

Maybank Islamic merupakan penyedia layanan keuangan syariah bagian dari Maybank Group. Sedangkan Islamic Relief adalah organisasi kemanusiaan internasional independen yang fokus pada kegiatan pendistribusian bantuan dan pembangunan.

Untuk program Regional Ramadhan Relief tahun 2024, Kampung Pemulung, Duren Tiga, Jakarta, dipilih sebagai sasaran pemberian bantuan. Masyarakat di Kampung Pemulung selama ini hidup dalam kemiskinan dengan bekerja di sektor informal seperti pemulung, pedagang asongan, dan pekerja harian untuk konstruksi dengan pendapatan harian rata-rata adalah Rp50.000 (RM 15,50).

Program ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 100 ribu keluarga kurang mampu, termasuk lansia, ibu tunggal, penyandang disabilitas, dan kelompok penerima zakat, dengan total penyaluran bantuan hampir mencapai RM16 Juta (setara dengan Rp 58 Miliar) sejak 2013.

Untuk program tahun ini, Maybank Islamic dan Maybank Indonesia mengalokasikan sebesar RM 159.810 (setara dengan Rp527 Juta) untuk penerima manfaat di Indonesia, dengan kontribusi RM143.550 (setara dengan Rp474 Juta) dari Maybank Islamic dan RM16.260 (Rp53 Juta) dari Maybank Indonesia.

Bagi penerima manfaat di Kampung Pemulung, Maybank Islamic menambah alokasi sebesar RM10.000 (Rp33 Juta) untuk diberikan kepada masyarakat yang akan digunakan membeli genset, pompa air, dan 30 lampu tenaga surya.

Deputy Chief Executive Officer Maybank Islamic Nor Sharizan Sulaiman menjelaskan program Regional Ramadhan Relief merupakan perwujudan atas komitmen Maybank Islamic dalam melaksanakan inisiatif yang berdampak sosial dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat,

sejalan dengan misi Grup Maybank yang senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat di seluruh cabang tempat Maybank beroperasi. Dia mengatakan Maybank Islamic tidak hanya berkomitmen untuk menyediakan solusi keuangan syariah bagi seluruh segmen masyarakat melalui produk dan layanan, tetapi juga melalui inisiatif sosial untuk membantu masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi Maybank.

“Bulan Ramadhan mengajarkan kita tidak hanya makna empati dan saling mendukung tetapi juga untuk memahami kondisi masyarakat sekitar dan untuk memberikan bantuan inklusif kepada mereka yang membutuhkan, termasuk masyarakat yang terpinggirkan," ujarnya.

Tahun ini, Jakarta dipilih sebagai tempat acara simbolis karena kehadiran bisnis Maybank di Indonesia. “Ini juga merupakan bagian dari aspirasi kami untuk berkontribusi kepada masyarakat di mana kami beroperasi.”

Sejak 2017, program ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 13.000 keluarga di Indonesia dengan kontribusi sebesar RM2,4 Juta (setara dengan Rp7,8 Miliar). "Kami berharap bantuan kecil yang kami berikan akan membawa keberkahan bagi para penerima manfaat menjelang bulan Ramadhan yang pernuh berkah. Ini adalah komitmen keberlanjutan Maybank untuk selalu dekat dengan masyarakat," katanya.

Dalam melaksanakan Program Regional Ramadhan Relief, Maybank Islamic berkolaborasi dengan empat mitra kemanusiaan, yaitu Islamic Aid Malaysia (IAM), Islamic Relief Malaysia (IRM) dan Islamic Relief Indonesia, MERCY Malaysia, serta Yayasan Ikhlas.

Program ini memberikan manfaat bagi mereka yang membutuhkan di Malaysia, Indonesia, Singapura, Vietnam, Filipina, Laos, Thailand, Kamboja, Brunei, komunitas Muslim Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh, dan Uni Emirat Arab (UEA). Paket bantuan Ramadhan yang disumbangkan termasuk beras, minyak goreng, tepung, gula, dan barang-barang penting lainnya sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement