Rabu 06 Mar 2024 06:00 WIB

Brace Mbappe Antarkan PSG ke Perempat Final Liga Champions

PSG unggul agregat 4-1 atas Real Sociedad untuk melangkah ke delapan besar.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
PSG Kylian Mbappe controls the ball during the French League One soccer match between Monaco and Paris Saint-Germain at the Stade Louis II in Monaco, Friday, March 1, 2024.
Foto: AP Photo/Daniel Cole
PSG Kylian Mbappe controls the ball during the French League One soccer match between Monaco and Paris Saint-Germain at the Stade Louis II in Monaco, Friday, March 1, 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kylian Mbappe mengantarkan Paris Saint-Germain (PSG) ke perempat final Liga Champions dengan dua golnya ke gawang Real Sociedad saat Les Parisiens 2-1 pada leg kedua babak 16 besar, Rabu (6/3/2024) dini hari WIB. PSG unggul agregat 4-1 setelah pada pertemuan pertama di Paris menang 2-0.

Pelatih Luis Enrique telah mengurangi menit bermain Mbappe dalam beberapa pekan terakhir setelah sang pemain mengatakan kepada klub bahwa ia akan pergi pada akhir musim ini. Namun kapten Prancis itu membuktikan bahwa ia akan berperan penting jika PSG akhirnya ingin memenangkan kompetisi Liga Champions untuk pertama kalinya.

Baca Juga

PSG yang disiplin memanfaatkan peluang mereka dari serangan balik di Stadion Anoeta, Sna Sebastian, dengan kecepatan kilat Mbappe yang terus menjadi ancaman. Setelah babak penyisihan grup yang luar biasa ketika mereka tidak terkalahkan dan finis sebagai juara Grup D, Sociedad kehabisan tenaga meladeni PSG. 

Mbappe menikmati malam yang penuh inspirasi dan kecepatan serta kelincahannya terlalu sulit untuk ditangani oleh pertahanan tuan rumah. Dia hampir tak terhentikan di sisi kiri dan dua golnya ke gawang Sociedad pada menit ke-15 dan 56 berarti dia telah mencetak 11 dari 15 gol terakhir PSG di fase gugur Liga Champions.

“Kami langsung tahu bahwa kami tidak bisa tidur. Jika mereka membuka skor, mereka akan terus maju dengan dukungan fans mereka,” kata Mbappe kepada Canal Plus. “Kami harus meredam harapan mereka sejak awal. Itulah yang kami lakukan, dan kami sangat senang bisa kembali ke perempat final.”

Mbappe menciptakan beberapa peluang sejak awal sebelum mencetak gol pembuka melalui tendangan melengkung yang luar biasa pada menit ke-15.

Setelah menerima umpan panjang dari Ousmane Dembele, ia masuk ke dalam kotak penalti, menerobos masuk dari garis tengah dan berpura-pura menembak. Ia kemudian mengalihkan bola dari kakinya dan menciptakan ruang yang cukup untuk melepaskan tendangan melengkung ke sudut jauh.

Gol tersebut membungkam publik Anoeta yang tiketnya sudah terjual habis, yang nampaknya terkesima dengan visi dan teknik kapten Prancis tersebut. Upaya serupa kemudian digagalkan oleh kiper Alex Remiro.

Namun Mbappe kembali mencetak gol pada menit ke-56 saat ia menerima umpan terobosan Lee Kang-in dengan tenang sebelum menerobos ke dalam kotak dan menaklukkan kiper di tiang dekat.

PSG tampak puas dengan bertahan melawan Real Sociedad yang tidak memberikan banyak ancaman di sebagian besar pertandingan.

Mereka mencoba melakukan tekanan di akhir pertandingan, namun upaya pertama mereka digagalkan oleh tiang gawang dari tendangan Martin Zubimendi dan kemudian oleh kiper Gianluigi Donnarumma yang melakukan penyelamatan refleks yang bagus untuk menggagalkan upaya Benat Turrientes dari jarak dekat.

Mikel Merino akhirnya mencetak gol hiburan pada menit ke-89 melalui tendangan yang dibelokkan, tapi sudah terlambat untuk mencegah PSG mencapai perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement