Rabu 06 Mar 2024 23:51 WIB

Mobil Terjebak Hujan Setelah Keluar dari Salon, Perlukah Dicuci Ulang?

Terkadang setelah baru keluar dari salon, mobil terjebak hujan.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Proses cuci mobil. Pemilik mobil terkadang membawa kendaraan mereka ke salon khusus mobil dan terjebak dalam kondisi hujan seusai melakukan perawatan.
Foto: www.freepik.com
Proses cuci mobil. Pemilik mobil terkadang membawa kendaraan mereka ke salon khusus mobil dan terjebak dalam kondisi hujan seusai melakukan perawatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki musim hujan, para pemilik kendaraan khususnya roda empat dinilai perlu lebih ekstra merawatnya. Pemilik mobil terkadang membawa kendaraan mereka ke salon khusus mobil dan terjebak dalam kondisi hujan seusai melakukan perawatan.

Ternyata, penanganannya cukup mudah dan tidak memerlukan bahan-bahan khusus seperti sampo atau sabun khusus. "Nomor satu, kalau sudah coating dan wax ketika terjebak hujan, sebisa mungkin di bawah 24 jam langsung bilas tanpa menggunakan sampo," kata Direktur Operasional Autoglaze, Allan Novatan di BSD, Tangerang Selatan, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga

Ketika mobil keluar dari salon, cukup beri perlakuan yang minim karena mobil tersebut masih mendapat perlindungan dari berbagai bahan-bahan pendukung yang diberikan oleh salon mobil tersebut. "Karena sudah ada wax dan coating itu sendiri, jadi mobil lebih tahan. Kecuali pemilik habis dari luar kota, atau kotor banget dari tanah, baru harus dengan sampo. Kalau tidak, ya, cukup bilas saja," kata dia.

Meski begitu, para pemilik kendaraan disarankan untuk membilas kendaraannya dengan menggunakan lap atau kain khusus yang tidak memberikan efek buruk untuk kendaraan yang baru keluar dari salon khusus. Kain ini merupakan kain sintetis yang terbuat dari 80 persen bahan polyester dan 20 persen polyamide sehingga kain ini memiliki tekstur yang lembut dan dirasa aman ketika digunakan untuk merawat kendaraan dibandingkan dengan kain pada umumnya.

"Kalau yang bagus itu 300 gram, jadi lebih tebal. Kalau kita pakai yang tebal itu kan lebih lembut jadi lebih aman ketika digunakan," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement