Kamis 07 Mar 2024 14:29 WIB

Baznas Natuna Salurkan BLT kepada Anak Kurang Mampu  

Anak-anak penerima BLT merupakan mereka yang masuk ke dalam golongan penerima zakat.

Red: Gita Amanda
Baznas Natuna salurkan BLT kepada anak kurang mampu daerah itu. (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Baznas Natuna salurkan BLT kepada anak kurang mampu daerah itu. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NATUNA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada anak-anak kurang mampu di daerah itu. Bendahara Baznas Natuna Sayed Ridwan di Natuna, Kamis mengatakan penyaluran dilakukan secara bertahap dimulai pada awal Maret 2024.

Adapun besaran BLT yang diberikan yakni Rp 300 ribu untuk satu orang. "Hari ini kita salurkan ke 10 orang penerima," ungkap dia.

Baca Juga

Dia menjelaskan, yang diberikan merupakan hasil dari zakat mal yang mereka terima dari muzaki di Natuna. "Kita berikan kepada 50 orang anak Sekolah Dasar kurang mampu di beberapa kecamatan," ucap dia.

Ia menjelaskan besaran BLT yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Jumlahnya tidak lebih dari BLT Nasional," ujar dia.

Ia memastikan anak-anak penerima BLT merupakan mereka yang masuk ke dalam golongan penerima zakat. Adapun golongan orang yang berhak menerima zakat di antaranya fakir, miskin (kurang mampu), amil, mualaf, riqab, gharimin, fi sabilillah, dan ibnu sabil.

"Kebanyakan penerimanya dari golongan miskin, status itu kita lihat dari orang tuanya," jelas dia.

Ia menambahkan, pada 14 Maret pihaknya bakal menyalurkan 750 paket sembako kepada golongan penerima zakat. Paket sembako akan disalurkan secara bertahap oleh pihaknya ke beberapa kecamatan. "Kita akan salurkan ke imam masjid, surau dan marbot," ungkap dia.

Ia berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban ekonomi para penerimanya. "Seperti yang saya bilang tadi, sumber dananya dari zakat yang kita dapat dari muzaki," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement