Kemenag Kalsel Tugaskan Dai ke Wilayah 3T Selama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Kamis 07 Mar 2024 23:11 WIB

Ilustrasi Dai Foto: Foto : MgRol112 Ilustrasi Dai

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menugaskan para pendakwah atau dai ke wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) selama bulan suci Ramadhan 1445 H atau 2024 M.

 

Baca Juga

Kabid Penerangan Agama Islam (Penais) dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Kalsel Ahmad Bugdadi mengatakan kegiatan dakwah ini bekerja sama dengan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Provinsi Kalsel.

 

"Secara resmi kita lepas para pendakwah itu untuk bertugas ke wilayah 3T," ujarnya, Kamis (7/3/2024).

 

Dia mengungkapkan kafilah dakwah ini akan bertugas selama bulan suci Ramadhan di enam titik di provinsi ini sesuai penilaian wilayah 3T. Menurut dia, enam titik tersebut berada di lereng pegunungan Meratus yang meliputi Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Tabalong, Balangan, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

 

"Mereka nantinya akan memberikan bimbingan, pencerahan, pendidikan dan pengajaran kepada masyarakat dengan harapan akan membuka wawasan, menambah spirit keimanan dan semangat ukhuwah islamiyah," katanya.

 

Penugasan para dai di wilayah 3T merupakan bentuk nyata pemerintah yang pada tahun ini mengutus Dai sebanyak 500 orang untuk mengisi wilayah 3T se-Indonesia. "Untuk Kalsel bertugas di Kabupaten Kotabaru tepatnya di Kecamatan Sungai Durian dan Kecamatan Pamukan Selatan," katanya.

 

Para dai terpilih yang dikirim ke wilayah 3T memiliki tugas empat aspek penting dalam kehidupan beragama, yakni yang pertama pentingnya penguatan wawasan keagamaan yang kompeten. Kedua, persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga integritas wilayah Indonesia dengan menekankan nilai-nilai kebangsaan dalam ajaran Islam.

 

Kemudian yang ketiga, menjelaskan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Indonesia sebagai bagian dari kehidupan dalam berbangsa dan keempat mengajarkan nilai-nilai kebangsaan melalui pemahaman tentang sejarah, bahasa dan budaya Indonesia.

 

"Diharapkan program dakwah di wilayah 3T ini mampu memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan masyarakat," katanya.

Terpopuler