Ahad 10 Mar 2024 14:41 WIB

'Reuni' Pelita Jaya Bersama Coach Ahang Berbuah Manis

Coach Ahang memang tidak bisa dipisahkan dari kepelatihan Pelita Jaya.

Red: Didi Purwadi
Johannis Winar atau Coach Ahang resmi menjabat Kepala Pelatih Pelita Jaya Jakarta.
Foto: Antara/HO-IBL
Johannis Winar atau Coach Ahang resmi menjabat Kepala Pelatih Pelita Jaya Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelita Jaya Jakarta kini dipimpin oleh Kepala Pelatih Johannis Winar atau yang akrab disapa Coach Ahang setelah manajemen klub menggeser Rob Beveridge di posisi technical director. Dalam dua laga terakhir pada pekan keenam IBL 2024, Pelita Jaya Jakarta sudah dipimpin oleh Coach Ahang dan keduanya berbuah 'manis' kemenangan.

Keputusan manajemen untuk menggeser kedua pelatih cukup mengejutkan mengingat Rob Beveridge juga bukan pelatih yang buruk. Dia hanya kalah sekali dari enam pertandingan yang dijalaninya bersama PJ.

Coach Ahang memang tidak bisa dipisahkan dari kepelatihan Pelita Jaya. Mengutip laman resmi IBL, dia sudah menjadi asisten pelatih PJ sejak 2013 hingga 2017. Kemudian dia naik pangkat menjadi kepala pelatih pada tahun 2017 hingga 2018 dengan hasil satu gelar juara IBL.

Pada musim 2018-2019, Coach Ahang kembali ke jabatan asisten pelatih mendampingi Fictor G. Roring. Lalu pada 2019 hingga 2023, dia bertugas sebagai asisten pelatih Tim Nasional Indonesia dalam berbagai turnamen internasional.

Sebenarnya, Coach Ahang juga pernah berstatus kepala pelatih di tim besutan PP Perbasi Indonesia Patriots, meski hanya dalam satu seri, tepatnya di Seri 8 Jakarta. Saat itu Pelatih Timnas Indonesia yang juga melatih Indonesia Patriots di musim reguler IBL Milos Pejic, meminta izin untuk pulang ke Serbia untuk suatu urusan.

Pada IBL musim 2024, Coach Ahang resmi diperkenalkan oleh klub sebagai asisten pelatih Pelita Jaya Jakarta. Dan, kini posisinya kembali naik menjadi kepala pelatih tim Jakarta tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement