Ahad 10 Mar 2024 18:43 WIB

Niat dan Tata Cara Sholat Tarawih

Sholat tarawih dilakukan saat bulan Ramadhan.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Infografis Bacaan Niat Sholat Tarawih
Foto: Republika.co.id
Infografis Bacaan Niat Sholat Tarawih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sholat tarawih merupakan sholat yang ditunggu pada bulan suci Ramadhan. Penting untuk setiap umat muslim mengetahui niat serta tata cara shalat tarawih agar mendapatkan pahala ibadah yang dikerjakan secara maksimal.

Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan selama bulan Ramadhan dan hendaknya umat muslim mengerjakan sholat tersebut. Agar dapat mengerjakannya secara maksimal, maka umat muslim harus mengetahui niat serta tata cara mengerjakannya.

Baca Juga

Terdapat beberapa pendapat tentang jumlah rakaat dalam sholat tarawih. Sebagian ulama menganjurkan sholat tarawih 8 rakaat dengan sholat witir tiga rakaat. Hal itu berdasarkan kebisaan Nabi Muhammad SAW. Ada juga yang berpendapat untuk melakukan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat serta witir tiga rakaat. Walaupun ada dua versi, tidak masalah bagi umat muslim memilih salah satu di antaranya.

Sebelum melakukan sholat tarawih, umat muslim dianjurkan untuk membaca niat sholat tarawih.

Berdasarkan buku karya Ishamuddin, yang berjudul Buku Pintar Sholat, berikut bacaan niat shalat tarawih yang dapat dibaca bagi yang ingin melakukan sholat tarawih,

أصَلَّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى.

"Ushallii sunnatat taraawihi rak'ataini lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Selain mengetahui tentang bacaan niat sholat tarawih, bagi seorang muslim juga harus tahu bacaan niat sholat witir. Karena shalat tarawih tidak dapat dipisahkan dengan sholat witir. Niat bacaan sholat witir ialah sebagai berikut,

أُصَلِّي سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً لِلَّهِ تَعَالَى.

"Ushallii sunnatal witri rak'atan lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat sholat sunnah Witir satu rakaat karena Allah Ta'ala."

Untuk mengetahui tata cara sholat tarawih dengan baik, bahwa sholat tarawih dapat dikerjakan dengan dua macam cara yaitu setiap 2 rakaat  lalu salam dan setiap 4 rakaat lalu salam tanpa tasyahud awal. Setelah mengerjakan shalat tarawih, baik melakukan yang 8 rakaat atau 20 rakaat, dianjurkan bagi setiap muslim untuk melanjutkannya dengan melaksanakan sholat witir. Sholat witir dapat dilakukan dengan dengan 3 rakaat, tetapi sebagian orang menyebut dapat dilakukan sampai 11 rakaat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement