Puasa Ramadhan 2024 Tiba, Simak Tata Cara Sholat Tarawih Ini

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Senin 11 Mar 2024 16:30 WIB

Sholat tarawih. Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim Sholat tarawih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mayoritas umat Islam di Indonesia hingga saat ini sepakat pelaksanaan sholat tarawih dan witir adalah sunnah dari Nabi Muhammad SAW. Umat Islam di bulan puasa Ramadhan 2024 juga akan melaksanakan sholat tarawih dan witir berjamaah ataupun sendiri.

Dalam pelaksanaan sholat tarawih masih terdapat sejumlah perbedaan, umat Islam boleh melaksanakan salah satu dari keduanya.

Baca Juga

Sholat Tarawih 20 Rakaat

Ada yang melaksanakan sholat tarawih 20 rakaat dan witir 3 rakaat. Dilakukan dengan cara 2 rakaat salam, dan seterusnya. Kemudian, sholat witir sebanyak 3 rakaat dengan cara 2 rakaat salam ditambah 1 rakaat salam. Ini dikerjakan mayoritas umat Islam Indonesia.

Sholat Tarawih 8 Rakaat

Sholat tarawih 8 rakaat dan witir 3 rakaat. Ada yang melaksanakan 4 rakaat salam dan 4 rakaat salam. Ditambah witir sebanyak 3 rakaat sekaligus.

Ada yang melaksanakan 2 rakaat salam sebanyak empat kali sehingga menjadi 8 rakaat. Kemudian ditambah witir sebanyak 3 rakaat sekaligus.

Ada yang melaksanakan 2 rakaat salam sebanyak empat kali sehingga menjadi 8 rakaat. Kemudian, ditambah witir sebanyak 3 rakaat, yaitu 2 rakaat salam ditambah 1 rakaat salam.

Tata cara sholat tarawih...

Terpopuler