Senin 11 Mar 2024 18:02 WIB

Campur Aduk Perasaan Van Dijk Setelah Liverpool Ditahan Imbang City di Anfield

Van Dijk mengakui, baik Liverpool maupun City bisa saja keluar sebagai pemenang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Bek Liverpool Virgil van Dijk.
Foto: AP Photo/Jon Super
Bek Liverpool Virgil van Dijk.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Perasaan Virgil van Dijk campur aduk setelah Liverpool ditahan imbang Manchester City pada pekan ke-28 Liga Primer Inggris musim 2023/24. Papan skor Stadion Anfield, markas the Reds, menunjukkan angka 1-1 dalam duel yang berakhir pada Senin (11/3/2024) dini hari WIB.

Tuan rumah kebobolan terlebih dahulu. Pada menit ke-23, City memimpin lewat gol John Stones. Berawal dari situasi sepak pojok, Stones berhasil menaklukkan Caoimhin Kelleher. 

Baca Juga

Setelahnya, Liverpool gencar menekan. Anak asuh Jurgen Klopp menyerang dari segala arah. Mereka berusaha menutup setiap ruang gerak kubu tamu, terutama sepanjang babak kedua. Liverpool mendapatkan gol penyama lewat titik putih pada menit ke-50 yang dieksekusi sempurna oleh Alexis Mac Allister.

"Saya pikir reaksi kami bagus. Kami memiliki peluang yang sangat bagus, tetapi sayangnya, kami tidak dapat mencetak gol kemenangan," kata Van Dijk, dikutip dari laman resmi klubnya.

Tak berlebihan apa yang disampaikan palang pintu berkebangsaan Belanda ini. Liverpool berkali-kali menebar ancaman. Luis Diaz yang paling banyak mendapat peluang bersih. Dua kali ia tinggal berhadapan dengan kiper City, tapi gagal menuntaskannya dengan gol.

Namun pada saat yang sama, Man City tak selamanya bertahan. Saat mendapat kesempatan untuk menyerang, para penggawa City langsung berhadapan dengan kiper tuan rumah. Peluang Jeremy Doku bahkan mengenai tiang gawang.

Alhasil, Van Dijk menilai imbang sebagai hasil yang adil. Sang juara bertahan memiliki para pemain yang bisa membuat perbedaan. Kendati dalam tekanan, the Sky Blues selalu bisa berkreasi menyerang balik.

"Secara keseluruhan ada pahit manis. Tak bisa dipungkiri, dengan kualitas yang mereka miliki, mereka juga bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik," ujar Van Dijk.

Hasil ini membuat persaingan di papan atas semakin memanas. Liverpool turun ke kursi runner up klasemen sementara. The Reds mengantongi 64 poin sama dengan Arsenal di singgasana. 

Anak asuh Klopp kalah selisih gol dan head to head dari the Gunners. Sebaliknya, City yang berada di tangga ketiga, tertinggal sebiji angka di belakang dua rival mereka tersebut.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement