Senin 11 Mar 2024 20:29 WIB

Thailand Targetkan 36-40 Juta Turis Asing Tahun Ini

Meningkatnya jumlah wisatawan didorong oleh kebijakan promosi wisata Thailand.

Red: Friska Yolandha
Beberapa tempat wisata di Thailand Selatan. Tahun ini Thailand menargetkan 40 juta turis asing.
Foto: Republika/Santi Sopia
Beberapa tempat wisata di Thailand Selatan. Tahun ini Thailand menargetkan 40 juta turis asing.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Thailand diperkirakan akan menerima kedatangan sekitar 36 juta wisatawan asing pada tahun 2024. Menurut Kasikorn Research Center (KResearch), ini berkat membaiknya perekonomian dan kebijakan pendukung pemerintah.

Perkiraan pusat tersebut didasarkan pada 6,4 juta kedatangan wisatawan asing yang tercatat dalam dua bulan pertama tahun ini, peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 50 persen.

Baca Juga

Pusat penelitian tersebut memperkirakan kedatangan wisatawan asing pada akhir kuartal pertama akan mencapai 9,32 juta, naik 42,7 persen dibandingkan tahun lalu, dan menunjukkan tanda positif untuk sisa tahun ini.

KResearch mengaitkan lonjakan kedatangan wisatawan asing ini dengan membaiknya perekonomian Thailand, dan kebijakan promosi pariwisata jangka pendek dan jangka panjang pemerintah.

Menurut data riset tersebut, yang paling menonjol adalah kebijakan bebas visa yang telah diterapkan sejak September tahun lalu, yang dimulai dengan pembebasan visa selama lima bulan bagi pengunjung dari China dan Kazakhstan, diikuti oleh India dan Taiwan (China) pada November, kata pusat tersebut. Mulai 1 Maret, Thailand dan China telah saling menghapuskan persyaratan visa bagi warga negaranya secara permanen.

Faktor pendukung lainnya antara lain maskapai yang membuka rute baru ke Thailand serta peningkatan frekuensi penerbangan. Data dari Otoritas Penerbangan Sipil Thailand menunjukkan bahwa Thailand menikmati 34 persen lebih banyak penerbangan internasional pada Januari-Februari dibandingkan periode yang sama tahun lalu, atau sekitar 68.000 penerbangan, atau sekitar 78 persen dari jumlah penerbangan yang tercatat pada periode yang sama tahun 2019.

Pusat riset tersebut memperkirakan akan ada lebih banyak rute penerbangan dari negara-negara seperti China, Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara Skandinavia sepanjang tahun, baik dari maskapai penerbangan normal maupun bertarif rendah.

Namun perkiraan KResearch lebih rendah dibandingkan perkiraan Kementerian Pariwisata dan Olahraga, yang memperkirakan kedatangan sekitar 40 juta wisatawan asing pada tahun 2024, menghasilkan pendapatan pariwisata sekitar 2,3 triliun baht Thailand (Rp 1,007 kuadriliun).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement