Mabar Game Saat Puasa, Bolehkah? Ini Kata Habib Ja'far

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 12 Mar 2024 06:32 WIB

 Habib Husein Jafar Al Hadar. Habin Jafar menyebut bermain game saat menjalankan ibadah puasa boleh-boleh saja, asal tetap tahu waktu. Foto: Republika/Thoudy Badai Habib Husein Jafar Al Hadar. Habin Jafar menyebut bermain game saat menjalankan ibadah puasa boleh-boleh saja, asal tetap tahu waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat mengisi waktu senggang selama Ramadhan atau pada jam-jam menunggu waktu berbuka puasa, tak sedikit yang memilih untuk bermain gim. Ada istilah untuk bermain game bersama-sama, yakni main bareng atau mabar.

Pendakwah Habib Husein Bin Ja'far Al Hadar menyebut bermain game saat menjalankan ibadah puasa boleh-boleh saja, asal tetap tahu waktu. Pria 35 tahun kelahiran Bondowoso itu mengatakan, mabar tidak mengapa dilakukan, asalkan ibadah tetap yang utama.

Baca Juga

"Yang terpenting, mabar tahu waktu dan diniatkan ibadah. Cari permainan yang bisa men-trigger ibadah, baik itu di bulan Ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan," kata Habib Ja'far pada konferensi pers online Free Fire Booyah Ramadhan, Senin (11/3/2024).

Habib Ja'far menyarankan agar umat Islam yang bermain game tidak berlebihan dan tetap tahu kapan harus beribadah, belajar, bekerja, istirahat, dan aktivitas lainnya. Bermain game bisa dijadikan aktivitas menyenangkan bersama teman, namun jangan sampai kebablasan.