Tips Hindari 'Kebocoran' Pengeluaran Saat Ramadhan dan Lebaran

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda

Selasa 12 Mar 2024 08:31 WIB

Kondisi keuangan rawan bocor dan menyebabkan permasalahan keuangan selepas Ramadhan. (ilustrasi) Foto: www.freepik.com Kondisi keuangan rawan bocor dan menyebabkan permasalahan keuangan selepas Ramadhan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perencana Keuangan sekaligus Head Advisory & Invesment Operation PINA Rista Zwestika memberikan tips mengelola keuangan saat Ramadhan. Rista mengatakan, setiap tahunnya umat Islam selalu bertemu dengan bulan Ramadhan, namun masih ada saja yang tidak disiplin menjalankan perencanaan keuangan.

Akibatnya, kondisi keuangan rawan bocor dan menyebabkan permasalahan keuangan selepas Ramadhan. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan saat Ramadhan?

Baca Juga

1. Anggaran buka puasa bersama di luar

Rista mengatakan, ada beberapa pengeluaran khas Ramadhan, seperti buka puasa bersama, kumpul bersama teman lama atau keluarga, hingga mempersiapkan hari raya idul fitri yang tentunya membutuhkan biaya lebih dari biasanya. Rista pun menyarankan, untuk menyiapkan penganggaran setiap kali akan melakukan buka puasa bersama di luar rumah dalam sepekan.