Polres Bantul Tim Khusus Respons Kejahatan Selama Ramadhan

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Erdy Nasrul

Selasa 12 Mar 2024 14:30 WIB

Ilustrasi apel polisi menghadapi Ramadhan. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi Ilustrasi apel polisi menghadapi Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Polres Bantul membentuk tim khusus untuk merespons segala bentuk kejahatan yang terjadi selama Ramadhan 2024. Tim khusus tersebut melakukan patroli malam hingga subuh yang beroperasi selama 24 jam untuk merespons laporan masyarakat.

"Tim tersebut sudah kami bentuk melibatkan 148 personel, sehingga mereka langsung bertugas yang bertepatan dengan awal bulan Ramadhan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana belum lama ini.

Baca Juga

Jeffry menuturkan tim khusus itu bertugas memburu segala bentuk kejahatan, termasuk kejahatan jalanan dan berbagai tindak kriminal, serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama Ramadhan, seperti perang sarung, tawuran, balap liar, dan petasan.

Tim khusus itu juga langsung diterjunkan untuk melakukan patroli antisipasi dan pembubaran balap liar yang marak terjadi saat bulan Ramadhan.

"Tim ini juga akan berpatroli mengantisipasi perang sarung yang kerap terjadi di sejumlah wilayah di Bantul saat bulan puasa serta mencegah jatuhnya korban jiwa,” ucap Jeffry.

Tidak hanya jajaran Polres Bantul, jajaran Polsek juga diminta melakukan patroli rutin di sejumlah titik. Utamanya di titik-titik rawan yang terjadi tindak kejahatan.

"Kami akan sebar anggota untuk memberikan rasa aman, nyaman dan khusus bagi warga selama menjalankan ibadah puasa, tanpa ada gangguan keamanan dan ketertiban," jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau agar warga melapor jika mendapati adanya tindak kejahatan. Sebab, peran dan partisipasi masyarakat juga diperlukan dalam menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing.

"Kami juga mengimbau warga untuk melapor jika mendapati hal yang mencurigakan, dan tidak main hakim sendiri," kata Jeffry.

Terpopuler