Selama Ramadhan, Arab Saudi Sediakan Akses Keluar-Masuk Masjidil Haram

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 12 Mar 2024 21:53 WIB

Masjidil Haram. Foto: Republika/Fuji Eka Permana Masjidil Haram.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menyediakan sejumlah pintu akses masuk ke Masjidil Haram di Makkah untuk menerima jamaah. Hal ini dilakukan menyusul awal bulan penuh berkah Ramadhan yang menjadi puncak musim umroh tahunan.

Pengaturan baru ini, seperti dilansir Saudi Gazette, Selasa (12/3/2024), dibuat melalui koordinasi dengan lembaga pemerintah yang beroperasi di Masjidil Haram. Bulan suci Ramadhan diperkirakan akan memperlihatkan aliran besar jutaan peziarah dari dalam Kerajaan dan seluruh dunia.

Baca Juga

Pihak berwenang Saudi telah memobilisasi semua pengaturan dan persiapan untuk memastikan jamaah sehingga jamaah dapat melakukan ibadah mereka dengan mudah dan nyaman.

Gerbang Jamaah Umroh di Masjidil Haram

Jamaah umroh dapat memasuki Masjidil Haram melalui Gerbang King Abdulaziz, Gerbang Raja Fahd, Gerbang Umrah, dan Gerbang Al-Salam, selain 85-93 pintu lantai dasar kecuali pintu nomor 88, Tangga Ajyad, Jembatan Ajyad, Tangga Shubaika dari 65-66, Tangga Raja Fahd dari 91-92, dan Tangga 84.

Pintu keluar yang ditetapkan meliputi perlintasan samping 78–80, tangga 74, tangga biasa 71-73-85-88, tangga King Fahd, pintu 75-77 dan 81–83. Adapun tangga Al-Shubaika diperuntukkan untuk keadaan darurat.

Selain Gerbang Raja Abdulaziz...

Terpopuler