Selasa 12 Mar 2024 23:28 WIB

Masalah Hidup yang Dihadapi tak Kunjung Selesai? Baca Rutin Dua Dzikir Berikut

Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Berdzikir. Ilustrasi. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdzikir. Ilustrasi. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Masalah, impitan hidup, dan kesulitan lainnya, adalah satu dari sekian persoalan yang pasti akan dihadapi umat manusia. 

Bagi Muslim, di antara senjata untuk menghadapi persoalan tersebut selain ikhtiar lahir adalah dengan berdzikir dan berdoa. 

Baca Juga

Imam Nawawi menyebutkan di antara dzikir tersebut di dalam kitab karyanya berjudul al-Adzkaar. Berikut ini dua dzikir khusus agar masalah yang dihadapi dapat terselesaikan. 

1. Dzikir yang Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA

Pertama, dalam riwayat Ibnu Abbas RA, dia berkata, "Sesungguhnya Rasulullah SAW saat dalam kesulitan membaca:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ 

Latin:

Laa ilaaha illallaahul 'adzhiimul haliim, laa ilaaha illallaahu robbul 'arsyil 'adzhiim, laa ilaaha illallaahu robbus samaawaati wa robbul ardhi robbul 'arsyil kariim

Terjemahan:

Tiada Tuhan selain Allah Yang Mahabesar lagi Maha Penyantun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Pemelihara arasy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Pemelihara langit dan Tuhan Pemelihara bumi, yaitu Tuhan Pemelihara arasy.

Pada riwayat Muslim disebutkan, "Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW jika dihadapkan suatu perkara yang penting (atau perkara yang menyulitkan), beliau SAW mengucapkan bacaan tersebut." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Doa yang Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA

Dzikir selanjutnya yang menjadi tuntunan Nabi Muhammad saat menghadapi kesulitan terbilang pendek dan mudah diikuti. Dzikir ini diriwayatkan dari Anas RA. Dia berkata, "Sesungguhnya jika Nabi Muhammad SAW ditimpa suatu perkara yang sulit, beliau berdoa:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

Latin:

"Yaa hayyu yaa qoyyuum bi rohmatika astaghiitsu"

Terjemahan:

"Wahai Allah Yang Mahahidup, Wahai Allah Yang Berdiri Sendiri dengan rahmat-Mu, aku memohon pertolongan-Mu." (HR Tirmidzi, Al-Hakim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement