Rabu 13 Mar 2024 03:03 WIB

Sinetron Ramadhan yang Sempat Hit, Anak 1990-an Pasti Pernah Nonton

Ada beberapa sinetron religi hit yang tayang pada Ramadhan lalu, apa saja?

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Poster sinetron religi Ramadhan berjudul Para Pencari Tuhan. Para Pencari Tuhan merupakan salah satu sinetron hit Ramadhan pada zamannya.
Foto: Dok. Citra Sinema
Poster sinetron religi Ramadhan berjudul Para Pencari Tuhan. Para Pencari Tuhan merupakan salah satu sinetron hit Ramadhan pada zamannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan menjadi momentum spesial dalam semua lini usaha, termasuk industri seni. Sebelum serial-serial menjadi populer pada masa sekarang, Ramadhan era 2000-an selalu diramaikan dengan sinetron-sinetron hit di beberapa stasiun televisi. 

Pelopor dalam sinetron religi ini adalah Deddy Mizwar. Biasanya, sinetron religi yang dibintangi oleh Deddy Mizwar akan dicintai masyarakat. Berikut ini merupakan sinetron-sinetron yang pernah hit pada masanya, apakah generasi 1990 hingga 2000-an awal masih ingat? 

Baca Juga

1. “Lorong Waktu”

photo
Salah satu adegan di sinetron religi yang tayang pada Ramadhan, Lorong Waktu. - (Dok. Citra Sinema)

 

Sinetron produksi Demi Gisela Citra Sinema yang diperankan oleh Deddy Mizwar ini bertema fiksi ilmiah. "Lorong Waktu" dirilis pertama kali pada 1999 (Ramadhan 1920 H) di SCTV. Musim pertama sinetron ini sangat sukses sehingga “Lorong Waktu” pun berlanjut sampai musim kelima dengan total 207 episode.

Pada 2019, “Lorong Waktu” kembali diproduksi namun dalam bentuk animasi dengan judul sama dan ditayangkan di SCTV selama Ramadhan. Jika ingin menyaksikan kembali sinetron ini, dapat mengunjungi platform Vidio.

2. “Doa Membawa Berkah” 

photo
Salah satu adegan di sinetron religi Ramadhan Doa Membawa Berkah. - (Dok. Multivision Plus)

 

Masyarakat Indonesia mungkin menyukai sinetron yang diperankan Anjasmara dan Tamara Blezynski ini. Pertama kali ditayangkan di Indosiar pada 2000, sinetron dari Multivision Plus ini memiliki dua musim dengan total 102 episode. 

3. “Hikmah”

photo
Poster sinetron religi Ramadhan berjudul Hikmah. - (Dok. MD Entertainment)

 

Tamara Blezynski selalu menjadi aktris favorit ketika bermain dalam sinetron religi, termasuk “Hikmah” yang dirilis di RCTI pada 2004. Sinetron produksi MD Entertainment ini memiliki tiga musim dengan 180 episode yang selalu dinantikan, karena biasanya sinetron ini akan ditayangkan hampir dua bulan. 

4. “Kiamat Sudah Dekat”

photo
Salah satu adegan di sinetron religi Ramadhan Kiamat Sudah Dekat. - (Dok. Citra Sinema)

 

Sinetron dari Citra Sinema ini membawa sosok Andre Taulany kian dikenal masyarakat luas. Setelah populer sebagai vokalis Stinky, Andre bermain di sinetron ini dengan karakter yang penuh komedi. Ia beradu peran dengan Deddy Mizwar, saat sinetron “Kiamat Sudah Dekat” dirilis pada 2005. 

Sebelum dibuat sinetron, “Kiamat Sudah Dekat” dirilis sebagai film dengan pemeran yang sama pada 2003. Hanya saja pada sinetron yang memiliki tiga musim dengan total 92 episode ini, peran Pratiwi Ayu di filmnya diganti dengan Zaskia Adya Mecca.

5. “Para Pencari Tuhan”

photo
Salah satu adegan sinetron religi Para Pencari Tuhan. - (Dok. Citra Sinema)

 

Deddy Mizwar kembali membuat terobosan sinetron religi spesial Ramadhan dengan “Para Pencari Tuhan” dengan menggandeng grup komedi Bajaj. Tayang di SCTV pertama kali pada 2007, sinetron “Para Pencari Tuhan” memiliki 17 musim dengan total 454 episode.

“Para Pencari Tuhan” tayang saat sahur dan diselingi dengan telekuis pada awal, tengah, dan akhir sinetron. Musim 17 masih tayang pada 2024 ini, menjadikan sinetron ini menerima rekor MURI pada 2023 sebagai Serial Religi Ramadhan Berkelanjutan Terlama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement