Rabu 13 Mar 2024 11:32 WIB

'Apartement 404' tak Lolos dari Kritik Meski Dibintangi Jennie Blackpink

Variety show 'Apartement 404' dinilai membosankan oleh penonton.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Poster variety show Apartement 404. Penonton mengkritik variety show Apartement 404 membosankan.
Foto: Dok. TvN
Poster variety show Apartement 404. Penonton mengkritik variety show Apartement 404 membosankan.

REPUBLIKS.CO.ID, JAKARTA -- Variety show Korea baru TvN berjudul "Apartment 404" awalnya sangat dinantikan penayangannya. Hal ini tidak terlepas dari rasa penasaran penonton terkait para pemeran yang merupakan bintang terkenal.

Acara itu di antaranya menampilkan MC populer Yoo Jae-suk dan Jennie member Blackpink. Variety show ini menceritakan enam penghuni apartemen yang mencoba mengungkap insiden dan misteri yang belum pernah terjadi sebelumnya. Latar tempatnya adalah sebuah apartemen di Korea Selatan.

Baca Juga

Acara ini mengangkat misteri kisah nyata yang melampaui ruang dan waktu. Setiap episode akan didasarkan pada peristiwa nyata dan memiliki latar unik dalam periode dan lokasi berbeda.

"Itu memicu keterampilan investigasi dan kenangan penonton di setiap era. Siapakah tokoh utama yang akan memecahkan rahasia tersebut?," tulis tvN melalui MyDramaList saat mempromosikan acara tersebut, seperti dikutip dari Koreaboo, Rabu (13/3/2024).

Pada awalnya acara ini menjadi hype dan juga tidak terlepas dari para pemeran yang fenomenal. Namun sayangnya, tayangan ini belum menghasilkan jumlah penonton yang diharapkan. Sebaliknya, jumlah penonton di Korea Selatan terus menurun.

Melihat ketiga episode yang dirilis sejauh ini, rating penonton "Apartment 404" terus mengalami penurunan. Menurut Nielsen Korea, episode pertama yang ditayangkan pada 23 Februari mengumpulkan 2,7 persen penayangan, turun menjadi 2,1 persen untuk episode kedua (1 Maret), dan hanya mencapai 1,7 persen untuk episode ketiga (8 Maret).

Kabar ini menjadi viral di komunitas daring TheQoo dan memicu reaksi beragam. Meskipun ada yang terkejut, banyak juga yang tidak kaget, karena menganggap bahwa acara tersebut memang “membosankan”.

“Memang itu agak membosankan," tulis salah satu penonton.

“Memang tidak asyik saat menontonnya," kata penonton lainnya.

“Aku menontonnya hanya ingin tahu, tapi ternyata itu tidak lucu. Sangat menyenangkan ketika mereka bermain di 'Running Man', tapi permainan mata-mata dan pengungkapan identitas yang dimainkan berulang kali telah membuatnya menjadi membosankan," kata yang lain.

“Ini sangat membosankan. Formatnya dibuat terlalu buruk untuk digunakan di zaman sekarang ini. Tadinya aku akan menontonnya karena aku menyukai pemerannya, tapi aku menyerah setelah menonton episode 1," demikian komentar penonton.

Di sisi lain, ada yang tetap menganggap acara itu bagus. Variety show tersebut dinilai cukup menghibur di waktu santai.

“Saya suka menontonnya sambil makan, itu menyenangkan bagi saya," ujar penonton.

Ada yang mengaku tetap menonton siaran ulangnya ketika melewatkan penayangan real time. Bahkan acara itu diharapkan tayang dalam waktu lebih lama.

Pengguna di Reddit juga ramai-ramai memberi komentar. OP (original poster) dan komentator tentu saja membandingkan acara tersebut dengan variety show Korea sebelumnya, terutama yang turut menampilkan Yoo Jae Suk. Banyak warganet yang menilai "Apartment 404" terasa repetitif. Padahal penonton ingin melihat sesuatu yang lebih segar.

Salah satu teori mengenai rating buruk adalah tayangan itu ditargetkan untuk kaum muda. Namun, generasi muda jarang menonton televisi. Sebaliknya, mereka melakukan streaming atau bahkan menonton melui video daring nantinya.

"Tidak semua orang setuju dengan hal ini. Sebaliknya, mereka menyalahkan naskahnya dan pilihan cerita," tulis pengguna Reddit.

"Namun, yang disepakati sebagian besar orang adalah bahwa secara keseluruhan, 'Apartemen 404' terasa 'membosankan' dan 'garing'," komentar pengguna. "Apartment 404" saat ini tersedia untuk streaming di tvN, TVING, dan Prime Video. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement