Rabu 13 Mar 2024 14:07 WIB

Arsenal Juga Kalahkan Porto Saat Lolos ke Perempat Final UCL 14 Tahun Lalu

Untuk pertama kalinya setelah 14 tahun Arsenal lolos ke perempat final.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gabriel dari Arsenal melompat untuk mengejar bola melawan kiper Diogo Costa dari Porto selama pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions UEFA antara Arsenal dan Porto di London, Inggris, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Gabriel dari Arsenal melompat untuk mengejar bola melawan kiper Diogo Costa dari Porto selama pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions UEFA antara Arsenal dan Porto di London, Inggris, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Salah satu duel ketat baru saja tersaji pada babak 16 besar Liga Champions musim 2023/24. Arsenal bertemu FC Porto.

The Gunners berhasil melaju ke perempatfinal kompetisi antarklub elite Eropa setelah menyingkirkan Porto. Tiga pekan lalu, Porto menang 1-0 di Portugal. Teranyar, Arsenal unggul dengan skor serupa pada secondleg di Stadion Emirates, London, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB. 

Baca Juga

Agregat menjadi imbang 1-1. Otomatis pemenang ditentukan lewat adu penalti. Pada tahapan itu, Meriam London berjaya. Skuat polesan Mikel Arteta unggul 4-2 di sesi tos-tosan. Dikutip dari uefa.com, berikut sejumlah data dan fakta yang tercipta setelah pertandingan ini.

Ini pertama kalinya Arsenal lolos ke perempatfinal setelah 14 tahun berlalu. Terakhir kali the Gunners mencapai tahapan serupa pada musim 2009/10 silam. Saat itu, Meriam London juga menyingkirkan Porto.

 

1 Ini adu penalti pertama di Liga Champions sejak final musim 2015/16.

 

2 Ini kedua kalinya Arsenal menjalani perpanjangan waktu dan adu penalti di Liga Champions. Sebelumnya the Gunners melewati proses serupa saat menyingkirkan AS Roma pada babak 16 besar musim 2008/09.

 

8 Gawang Arsenal delapan kali tidak kebobolan di sembilan pertandingan kandang terakhir, di pentas Eropa.

 

4 Arsenal selalu menang dalam empat pertandingan kandang terakhir, pada ajang Liga Champions. Selama periode tersebut, the Gunners mencetak 13 gol dan tidak kebobolan.

 

1 Gol Trossard menjadi gol pertama Arsenal di babak sistem gugur Liga Champions, sejak Theo Walcott melakukannya saat bertemu Bayer Munchen pada Maret 2017. Saat itu, the Gunners takluk 1-5 dari FC Bayern di Stadion Emirates.

 

19 FC Porto sudah 19 kali mengalami kekalahan dalam 22 kunjungan terakhir di Inggris di pentas Eropa. Sebanyak tiga lainnya, berkesudahan imbang. Artinya Porto tak pernah menang selama periode tersebut. 

 

9 FC Porto sembilan kali gagal mencetak gol dalam sepuluh pertandingan tandang terakhir melawan tim Inggris, di pentas Eropa.

 

41 Pepe, pemain tertua kelima dalam sejarah Liga Champions. Di usia 41 tahun, bek tim nasional Portugal itu masih tampil di kompetisi elite Eropa bersama Porto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement