Rabu 13 Mar 2024 14:35 WIB

Gerak Cepat Proses Naturalisasi Pemain Keturunan Jelang Indonesia Vs Vietnam

Total kini ada 12 pemain keturunan atau naturalisasi di skuad asuhan Shin Tae-yong.

Red: Andri Saubani
Calon pemain naturalisasi tim nasional sepak bola Indonesia Jay Noah Idzes (kiri) bersiap menjalani pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Kamis (28/12/2023). Jay yang merupakan pemain dari Serie B Liga Italia bersama Venezia tersebut telah resmi menjadi WNI.
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Calon pemain naturalisasi tim nasional sepak bola Indonesia Jay Noah Idzes (kiri) bersiap menjalani pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Kamis (28/12/2023). Jay yang merupakan pemain dari Serie B Liga Italia bersama Venezia tersebut telah resmi menjadi WNI.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Afrizal Rosikhul Ilmi, Frederikus Bata, Antara

Pekan lalu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong (STY) merilis 28 nama yang dipanggilnya untuk melakoni dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam. Dalam daftar panggilan itu masuk nama-nama pemain baru yang merupakan warga keturunan.

Baca Juga

Tak lama setelah daftar 28 pemain dirilis STY, pada Kamis (7/3/2024), Komisi X dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam rapat kerja di gedung DPR RI, Jakarta, memutuskan menyetujui rekomendasi permohonan kewarganegaraan calon pemain timnas Indonesia atas nama Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes.

"Alhamdulillah rapat kerja ini berjalan lancar dan kami (PSSI) dalam posisi menunggu ketiga pemain itu kapan mau diambil sumpahnya," kata Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Yunus Nusi seperti dilansir laman resmi PSSI, Kamis.

Dengan disetujuinya ketiga pemain itu di parlemen, saat ini Indonesia sudah memiliki 12 pemain naturalisasi yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Marc Klok, Ivar Jenner, Justin Hubner, Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Maartin Paes, dan Nathan Tjoe-A-On.

Delapan nama awal sudah menjadi warga negara Indonesia (WNI), sedangkan empat nama terakhir tinggal menunggu sumpah WNI. Satu nama pemain yang baru merampungkan naturalisasi Jay Idzes, serta tiga calon pemain naturalisasi lainnya Thom, Ragnar, dan Nathan telah masuk skuad timnas Indonesia yang akan menjalani dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 21 Maret dan di Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret.

Anggota Exco PSSI, Endri Erawan, optimistis tiga pemain naturalisasi terbaru, yakni Thom Haye (SC Heerenven), Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard), dan Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen) bisa membela timnas Indonesia saat melawan Vietnam di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan ini. 

Endri mengakui, pihaknya tengah berusaha untuk mempercepat proses naturalisasi ketiga pemain tersebut. Endri juga merasa yakin, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen bakal bergabung dan membela Timnas Indonesia melawan Vietnam di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Insya Allah yakin gabung, prosesnya sedang dipercepat oleh Ketua Umum oleh pak Erick (Thohir). Mudah-mudahan prosesnya selesai sebelum kita (tim) tanggal 17 (Maret) kumpul di Jakarta," kata Endri.

Di samping itu, Endri yang juga menjabat sebagai Manajer Timnas Indonesia mengatakan PSSI akan tetap mendaftarkan tiga nama itu ke dalam skuad. "Yang jelas kita daftarkan, nama-nama tersebut akan kita daftarkan. Semua sudah kita persiapkan, dan STY sudah menghubungi langsung pemain tersebut di klubnya masing-masing," kata dia.

"Dan mudah-mudahan dengan adanya sinergi antara pelatih dan PSSI ini bisa dipercepat proses naturalisasi ketiga pemain itu," ujar Endri Erawan. 

Pemain keturunan Indonesia, Jay Idzes mengatakan dirinya sudah tidak sabar melakukan debut bersama Timnas Indonesia. Pemain yang merumput di klub Serie B, Venezia, tersebut saat ini dalam kondisi siap membela Indonesia.

Jay Idzes resmi mengantongi paspor Indonesia sejak 28 Desember 2023. Jay mengucap sumpah setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta.

Proses perpindahan federasi Jay Idzes dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) juga sudah rampung sejak Februari lalu. Karena itu, Jay tinggal menunggu waktu untuk melakukan debut bersama timnas Indonesia.

"Tentu saja saya merasa sangat bangga. Ini (membela timnas Indonesia) merupakan suatu kehormatan besar bagi saya dan keluarga saya," kata Jay Idzes dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (13/3/2024).

 

photo

Caketum PSSI, Erick Thohir, menjadi kandidat kuat di KLB PSSI 2023 di Hotel Shangri La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023). - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement