Rabu 13 Mar 2024 16:17 WIB

Jumlah Pemudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Lebih Banyak dari 2023

Pemerintah mempercepat pembangunan rest area kilometer 97.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus raharjo
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, jumlah pemudik pada Idul Fitri 1445 atau 2024 dapat dipastikan akan jauh lebih besar dibanding tahun lalu. Menurut dia, itu terjadi karena sekarang sudah tidak ada lagi pembatasan-pembatasan seperti ketika masa pandemi.

“Jumlah pemudik bisa dipastikan jauh lebih besar dibanding tahun lalu, karena sekarang kan sudah semakin terbuka, tidak ada lagi pembatasan-pembatasan,” ujar Muhadjir di Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga

Muhadjir mengaku belum mendapatkan angka pasti perkiraan jumlah pemudik untuk tahun ini. Data terkait hal itu akan dia dapatkan setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan kementerian/lembaga terkait lainnya. Termasuk juga dengan TNI-Poltri untuk memastikan pelaksanaan mudik berjalan lancar.

“Dalam satu-dua hari ini saya akan koordinasi dengan kementerian, terutama yang terkait itu Kemenhub dan TNI-Polri untuk memastikan mudah-mudahan penanganan mudik tahun ini tidak beda dengan tahun lalu yang tingkat kepuasan publiknya cukup besar, yaitu sampai 90 persen,” tegas dia.