Kamis 14 Mar 2024 04:26 WIB

Ingin Berhenti Merokok? 3 Cara Ini Layak Dicoba

Kebiasaan merokok menyebabkan tujuh dari setiap 10 kasus kanker paru-paru.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Berhenti merokok (Ilustrasi). Ada beberpa cara untuk berhenti merokok yang bisa Anda coba.
Foto: Flickr
Berhenti merokok (Ilustrasi). Ada beberpa cara untuk berhenti merokok yang bisa Anda coba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan data Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), kebiasaan merokok menyebabkan tujuh dari setiap 10 kasus kanker paru-paru. Di Inggris, merokok menyebabkan 64 ribu kematian setiap tahun.

Dampak buruk lain dari merokok adalah rusaknya organ tubuh, serta memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit pembuluh darah, strok, dan penyakit jantung koroner. Merokok juga merupakan kebiasaan yang mahal dan menghabiskan banyak uang. 

Baca Juga

Sebagian perokok mungkin sudah memiliki niat untuk menghentikan kebiasaan itu, namun bingung bagaimana cara memulainya. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mulai berhenti merokok, dikutip dari laman Daily Star pada Kamis (14/3/2024): 

1. Minta bantuan profesional kesehatan

Dokter umum Sarah Jarvis berpendapat, cara paling efektif untuk berhenti merokok adalah dengan bantuan profesional kesehatan. Sebab, tenaga profesional bisa memberikan langkah-langkah yang sesuai dengan tiap individu, serta melakukan pengawasan.

Penelitian mengungkapkan hanya empat persen perokok yang dapat berhenti sepenuhnya setelah satu tahun berusaha berhenti merokok secara mandiri. Kenyataan yang menyedihkan adalah sekitar 90 persen perokok mencoba untuk berhenti, tapi akhirnya kembali pada kebiasaan tersebut.

2. Terapi penggantian nikotin

Terapi penggantian nikotin (NRT) disebut Jarvis efektif dalam meningkatkan peluang seseorang untuk berhenti merokok. Cara ini akan  membantu menghilangkan keinginan merokok serta "mengidam" nikotin, dengan memakai beberapa produk NRT.

Pilihannya termasuk permen karet, tablet hisap, atau lainnya. Tinjauan menunjukkan bahwa 50-70 persen perokok lebih mungkin berhenti merokok dengan bantuan tertentu. "Produk NRT memungkinkan Anda berkonsentrasi untuk mengatasi kebiasaan merokok dalam situasi tertentu. Hal ini meningkatkan peluang keberhasilan dalam jangka panjang," ucap Jarvis.

3. Kendali pikiran

Jarvis mengatakan, mengendalikan pikiran adalah cara ampuh untuk berhenti merokok. Dia menyarankan perokok merumuskan alasan mengapa dia ingin berhenti, lalu menuliskan alasan tersebut sebagai pengingat ketika membutuhkan motivasi.

Selain itu, Jarvis merekomendasikan untuk melakukan perubahan gaya hidup sehat lainnya.  Hal ini termasuk minum lebih banyak air, mencari cara baru untuk bersantai, lebih banyak berolahraga, dan memikirkan uang yang dapat Anda hemat dengan tidak merokok.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement