Kamis 14 Mar 2024 09:37 WIB

Pemenang Kursi DPR Dapil Tangerang Raya, Rano Karno Hingga Habib Idrus, Harry Tanoe Gagal

Harry Tanoesoedibjo tersingkir dari persaingan Dapil Tangerang Raya

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota DPR RI Rano Karno
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Anggota DPR RI Rano Karno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama-nama beken memenangkan kursi DPR di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III atau Tangerang Raya. Sebanyak 10 pemenang kursi itu separuhnya adalah anggota DPR pejawat.

Hal tersebut diketahui setelah KPU menetapkan raihan suara Pileg DPR RI 2024 Dapil Banten III dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional di Kantor KPU RI, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga

Republika mengkonversi raihan suara partai di dapil tersebut menjadi kursi menggunakan metode Sainte Lague,  rumus resmi yang digunakan untuk pileg Indonesia. Hasilnya, 10 kursi yang diperebutkan di dapil tersebut dimenangkan oleh delapan atau sembilan partai politik.

Rinciannya, Golkar memenangkan dua kursi. Lalu, PKB, Gerindra, Nasdem, PKS, PAN, dan Demokrat masing-masing mendapatkan satu kursi. 

PDIP memenangkan satu kursi. PSI juga mendapatkan satu kursi asalkan total raihan suara nasionalnya mencapai ambang batas parlemen. Jika tidak lolos parliamentary threshold, maka satu kursi yang didapatkan PSI beralih ke PDIP.

Sesuai UU Pemilu, kursi yang didapatkan partai menjadi milik caleg peraih suara terbanyak. Berikut daftar pemenang kursi di dapil yang meliputi Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang itu:

Berikut rinciannya;

- Dua kursi yang didapatkan Golkar dimenangkan oleh Airin Rachmi Diany dan Andi Achmad Dara. Airin merupakan mantan wali kota Tangerang Selatan, sedangkan Andi adalah anggota DPR pejawat

- Satu kursi yang dimenangkan Gerindra menjadikan milik Sufmi Dasco Ahmad. Dia merupakan Wakil Ketua DPR RI saat ini sekaligus Ketua Harian DPP Partai Gerindra

- Satu kursi yang didapatkan PKS dimenangkan oleh Habib Idrus Salim Aljufri. Dia adalah Ketua Umum Himpunan Dai Muda dan anak dari Ketua Dewan Syura PKS, Salim Segaf Aljufri 

- Kursi yang didapatkan PKB menjadi milik Rano Alfatah. Dia juga anggota DPR pejawat

- Kursi yang dimenangkan Nasdem menjadi milik Wahidin Halim

- Kursi yang didapatkan PAN dimenangkan oleh Okta Kumala Dewi

- Kursi yang didapatkan Demokrat menjadi milik Zulfikar Hamonangan. Dia adalah anggota DPR pejawat

- Satu kursi yang didapatkan PDIP dimenangkan oleh Rano Karno. Rano merupakan aktor kawakan yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI

- Satu kursi terakhir didapatkan caleg PSI, Isyana Bagoes Oka dengan catatan partainya lolos parlemen. Jika tidak, kursi tersebut akan beralih ke genggaman caleg PDIP, Marinus Gea yang merupakan legislator pejawat.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ يَجْتَنِبُوْنَ كَبٰۤىِٕرَ الْاِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ اِلَّا اللَّمَمَۙ اِنَّ رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِۗ هُوَ اَعْلَمُ بِكُمْ اِذْ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاِذْ اَنْتُمْ اَجِنَّةٌ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْۗ فَلَا تُزَكُّوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقٰى ࣖ
Yaitu) mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Sungguh, Tuhanmu Mahaluas ampunan-Nya. Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa.

(QS. An-Najm ayat 32)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement