Kamis 14 Mar 2024 13:21 WIB

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut

Kemenhub membuka kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas memeriksa surat kendaraan pemudik sepeda motor setibanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (13/5/2022).
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Petugas memeriksa surat kendaraan pemudik sepeda motor setibanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (13/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut pada 2024. Dirjen Perhubungan Laut, Capt Antoni Arif Priadi mengatakan, program tersebut untuk memudahkan masyarakat mudik di Hari Raya Idul Fitri 2024 serta mengurangi kendaraan roda dua di jalan raya.

Pendaftaran program Mudik Gratis dibuka mulai 13 Maret 2024 hingga 7 April 2024 melalui laman https://mudikgratis.dephub.go.id/. "Kami sangat bersemangat untuk kembali menyelenggarakan program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut. Melalui platform tersebut, masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket mudik gratis," ujar Antoni.

Baca: Ternyata Aturan PPN Jadi 12 Persen Disahkan Wakil Ketua DPR Cak Imin

Dia menjelaskan, Kemenhub membuka kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor dengan empat kali perjalanan. Rutenya adalah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya.

Sedangkan jadwal keberangkatan mudik motor dengan kapal laut pada 5 dan 7 April 2024. Sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada 13 dan 15 April 2024.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berharap bahwa program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan mudik mereka. Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta kondisi perjalanan yang selamat, aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat," kata Antoni.

Adapun persyaratan mudik gratis naik kapal laut sebagai berikut:

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK

2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.

3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.

4. Verifikasi calon peserta arus mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di:

- Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jalan Panaitan Nomor 105, Tanjung Priok, Jakarta Utara

- Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu).

5. Verifikasi calon peserta arus balik (hanya untuk peserta arus balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jalan Yos Sudarso Nomor 30, Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement