Kamis 14 Mar 2024 17:30 WIB

Kemenperin Siapkan Konsep EIP Guna Pacu Keberlanjutan Industri

Kawasan industri ramah lingkungan tingkatkan investasi dan daya saing RI.

Red: Fuji Pratiwi
Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang/ Grand Batang City (ilustrasi)
Foto: Republika/ Bowo Pribadi
Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang/ Grand Batang City (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian meluncurkan konsep eco industrial park (EIP) atau pengembangan kawasan industri yang berorientasi lingkungan. Hal ini guna mendorong pembangunan industri yang berkelanjutan dan inklusif.

Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Investasi Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi di Jakarta, Kamis (14/3/2024) mengatakan, konsep EIP tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi, tetapi juga aspek lingkungan, sosial, dan efisiensi sumber daya. Sehingga dengan fokus itu, diharapkan Indonesia dapat mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon pada 2050.

Baca Juga

Meskipun di tengah situasi ekonomi global yang melambat, Indonesia berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang stabil, terutama dalam sektor manufaktur. Capaian positif ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak yang terlibat dalam menggerakkan industri di Indonesia.

"Di samping itu, pengembangan kawasan industri yang ramah lingkungan menjadi fokus penting dalam meningkatkan investasi dan daya saing Indonesia," ujarnya.

Doddy mengatakan, pihaknya telah melakukan penandatanganan Final Event Global Eco-Industrial Parks Programme – Indonesia (GEIPP-Indonesia) fase pertama. Kemenperin juga meluncurkan fase kedua yang menjadi momentum penting dalam upaya menjaga keberlanjutan ekonomi dan lingkungan Indonesia.

Penandatanganan itu merupakan wujud nyata dari hasil kerja sama antara Kemenperin dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO), serta Kedutaan Besar Konfederasi Swiss.

Doddy mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara percontohan dalam GEIPP oleh UNIDO, serta menjadi negara dengan kinerja terbaik pada manajemen kawasan dan aspek sosial. "Pengembangan kawasan industri yang ramah lingkungan menjadi fokus penting dalam meningkatkan investasi dan daya saing Indonesia," ujarnya.

Selain itu, ia menyampaikan Kemenperin telah mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 3174 Tahun 2022 terkait Forum Antar Kementerian untuk mendukung penerapan EIP di Indonesia. Forum ini bertujuan untuk menyusun konsep EIP kawasan industri, serta memberikan pedoman bagi pemangku kepentingan dalam memetakan kawasan industri yang berwawasan lingkungan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement