Jumat 15 Mar 2024 03:48 WIB

Gus Iqdam Sebut Palestina Aman, Ini Respons Ketua PBNU

Gus Iqdam menceritakan pengalamannya berkunjung ke Palestina.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Hafil
 Gus Iqdam menceritakan pengalamannya berkunjung ke Palestina. Foto: Gus Iqdam
Foto: Tangkapan layar akun IG gus_iqdam_official.
Gus Iqdam menceritakan pengalamannya berkunjung ke Palestina. Foto: Gus Iqdam

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrur Rozi meyakini pendakwah Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam anti Israel. Gus Fahrur mengatakan apa yang diceritakan Gus Iqdam tentang Masjidil Aqsa benar adanya.

Video ceramah Gus Iqdam yang menyebut situadi di Palestina aman menjadi sorotan. Gus Iqdam menceritakan pengalamannya berkunjung ke Palestina dan dalam kondisi aman. Gus Iqdam juga bicara mengenai tentara Israel yang berada di depan Masjidil Aqsa. Potongan video tersebut sontak mendapatkan kecaman di media sosial. Gus Iqdam dipandang tidak pro Palestina.

Baca Juga

"Saya berharap masyarakat jangan mudah di provokasi berita hoaks , apa yg diceritakan gus Iqdam memang benar dan tidak berarti dia tidak membela Palestina , saya yakin dia juga anti Israel," ujar Gus Fahrur tentang video Gus Iqdam tersebut dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/3/2024).

Gus Fahrur sendiri memiliki pengalaman yang sama seperti Gus Iqdam. Gus Fahrur mengakui ada kekerasan yang dilakukan tentara Israel kepada umat Islam yang sedang di dalam masjid. Tetapi itu tidak terjadi setiap saat.

Lokasi perang juga jauh dari Jalur Gaza dan bukan di wilayah Masjid Aqsa. Daerah konflik di Jalur Gaza berjarak ratusan kilometer dari masjid. Adapun masjid Al-Aqsa dalam wilayah kekuasaan tentara Israel sepenuhnya di Yerussalem.

"Jalan menuju masjid dijaga tentara Israel , itu memang kontrol mereka agar tidak ada masuk pihak yg tidak mereka inginkan atau terduga teroris versi mereka," kata Gus Fahrur.

Gus Fahrur mengatakan bagi orang yang belum pernah ke Masjid Aqsa bisa jadi mengira satu area dengan lokasi perang. Padahal jaraknya sangat jauh. Gus Fahrur sendiri sudah dua kali pergi ke Masjid Alqsa yakni pada tahun 2005 dan 2010 bersama dengan KH Yahya Cholil Staquf dan Saifullah Yusuf (Ketum dan Sekjen PBNU saat ini).

"Masjid dalam wilayah kontrol penuh tentara Israel jadi tidak ada perlawanan senjata, Saya juga dulu bersama Gus Yahya di tes baca fatihah, Gus Ipul Al-Baqarah," katanya. 

Seperti diketahui, beredar video di media sosial tentang Gus Iqdam yang menceritakan pengalamannya berkunjung ke Palestina. Di mana, dalam pernyataannya Gus Iqdam menyebutkan situasi di sana aman.

Gus Iqdam juga bertemu dengan Imam Baitul Maqdis dan syekh-syekh yang ada di sana. Selain itu, Gus Iqdam berbicara mengenai tentara Israel yang berada di depan Baitul Maqdis

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَبَرَزُوْا لِلّٰهِ جَمِيْعًا فَقَالَ الضُّعَفٰۤؤُا لِلَّذِيْنَ اسْتَكْبَرُوْٓا اِنَّا كُنَّا لَكُمْ تَبَعًا فَهَلْ اَنْتُمْ مُّغْنُوْنَ عَنَّا مِنْ عَذَابِ اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍ ۗقَالُوْا لَوْ هَدٰىنَا اللّٰهُ لَهَدَيْنٰكُمْۗ سَوَاۤءٌ عَلَيْنَآ اَجَزِعْنَآ اَمْ صَبَرْنَا مَا لَنَا مِنْ مَّحِيْصٍ ࣖ
Dan mereka semua (di padang Mahsyar) berkumpul untuk menghadap ke hadirat Allah, lalu orang yang lemah berkata kepada orang yang sombong, “Sesungguhnya kami dahulu adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan kami dari azab Allah (walaupun) sedikit saja?” Mereka menjawab, “Sekiranya Allah memberi petunjuk kepada kami, niscaya kami dapat memberi petunjuk kepadamu. Sama saja bagi kita, apakah kita mengeluh atau bersabar. Kita tidak mempunyai tempat untuk melarikan diri.”

(QS. Ibrahim ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement