Jumat 15 Mar 2024 13:13 WIB

Pemkab Ini Sediakan Beasiswa Gratis Perguruan Tinggi, Syaratnya Mudah

Program beasiswa tersebut merupakan bantuan pendidikan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Beasiswa (ilustrasi)
Foto: PxHere
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOMBANA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), membuka kembali program beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari Bombana di seluruh perguruan tinggi (PT) yang ada di Indonesia.

Program beasiswa tersebut merupakan bantuan pendidikan yang diberikan oleh Pemkab Bombana dan diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu dan mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga mampu baik masyarakat, aparatur sipil negara (ASN) maupun anggota keluarga TNI/Polri yang sedang menempuh jenjang pendidikan D2, D3, dan D4/S1.

Baca Juga

Sekretaris Derah (Sekda) Bombana Man Arfa, di Bombana, Jumat (15/32024), mengatakan program beasiswa tersebut dibuka secara online pada tanggal 13 Maret sampai dengan 13 April 2024 di seluruh perguruan tinggi yang ada Indonesia dengan dana pendidikan sebesar Rp3 juta per semester.

"Setelah melakukan pendaftaran online, mahasiswa diwajibkan mengirim semua dokumen pendaftaran paling lambat tanggal 19 April 2024 ke panitia pendaftaran beasisiwa Bombana," katanya.

Selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi dengan memeriksa kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Bombana. Sementara seleksi verifikasi faktual dan validasi perguruan tinggi diikuti oleh peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan ditetapkan sebagai peserta seleksi verifikasi faktual dan validasi perguruan tinggi.

"Informasi pendaftar yang lulus seleksi administrasi disampaikan melalui website www.bombanakab.go.id. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi verifikasi faktual dan validasi perguruan tinggi akan ditetapkan 500 penerima beasiswa dengan mengacu pada Perbup Nomor 3 Tahun 2023 tentang Program Beasiswa Bombana Pintar," ujarnya.

Sementara peserta yang dinyatakan lulus seleksi verifikasi faktual dan validasi perguruan tinggi penerima beasiswa akan ditetapkan sebanyak 200 orang, dengan mengacu pada Perbup Nomor 4 Tahun 2023 tentang Program Beasiswa Bombana Berprestasi.

Untuk mahasiswa Bombana yang berada di luar Sultra bisa mengirim dokumen pendaftaran lewat pos ke alamat panitia pendaftaran beasiswa Bombana Pintar maupun Prestasi ke Sekretariat Daerah Kabupaten Bombana, Jalan Urip Sumoharjo No. 45 Kel. Lameroro Kec. Rumbia, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara 93771.

"Untuk mahasiswa beasiswa pintar Bombana dengan jenjang pendidikan D4/S1, dokumennya menggunakan map Snelhecter plastik warna kuning. Sedangkan mahasiswa dengan jenjang pendidikan D2 dan D3, dokumennya menggunakan map Snelhecter palstik warna hijau," ujarnya.

Sementara untuk mahasiswa beasiswa prestasi Bombana dengan jenjang pendidikan D4/S1, dokumennya menggunakan map Snelhecter plastik warna biru. Sedangkan mahasiswa dengan jenjang pendidikan D2 dan D3, dokumennya menggunakan map Snelhecter palstik warna merah.

Salah seorang penerima beasiswa yang merupakan mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Hasni mengungkapkan dengan adanya beasiswa tersebut dirinya terasa terbantu untuk memenuhi biaya pendidikan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Dia pun berharap beasiswa tersebut terus berkelanjutan.

"Dengan adanya beasiswa Pemkab Bombana, saya terasa terbantu untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan kuliah dan semoga beasiswa ini terus ada sampai tamat pendidikan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement