Jumat 15 Mar 2024 15:58 WIB

Dokter: Edukasi Penting Guna Cegah Kebutaan Akibat Glaukoma

Edukasi penting agar pasien mau datang ke dokter untuk kontrol.

Red: Friska Yolandha
Pasien glaukoma (ilustrasi). Dokter mengungkapkan pentingnya edukasi kepada pasien untuk mencegah kebutaan akibat glaukoma.
Foto: www.freepik.com
Pasien glaukoma (ilustrasi). Dokter mengungkapkan pentingnya edukasi kepada pasien untuk mencegah kebutaan akibat glaukoma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter dari Rumah Sakit Mata Cicendo Elsa Gustianty mengatakan edukasi tentang glaukoma penting untuk publik agar kebutaan akibat glaukoma dapat ditekan. Selain untuk deteksi dini, lanjutnya, edukasi juga penting agar pasien mau datang ke dokter untuk kontrol.

"Tujuannya adalah meningkatkan awareness atau kesadaran masyarakat terhadap penyakit glukoma sehingga mereka terdorong untuk memeriksakan diri," ujarnya dalam 'Cegah Kebutaan Akibat Glaukoma' yang disiarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Baca Juga

Elsa menyebut secara global 80 juta orang mengidap kondisi itu. Di Indonesia, kata Elsa, glaukoma adalah penyebab kebutaan terbanyak nomor dua. Adapun penyebab terbanyak adalah katarak. 

Menurutnya, terdapat dampak psikologis yang ditimbulkan penyakit itu. Ketika seseorang divonis terkena glaukoma, kata dia, maka ada pasien yang tidak mau kontrol karena merasa usahanya sia-sia saja, karena tidak akan ada perubahan.

"'Ngapain ya diobatin?', ngapain ya dioperasi kalau tetap tidak bisa lihat?. Padahal kita itu usahanya adalah mempertahankan. Memang bukan mengobati menjadi kembali seperti dulu, tapi mencegah supaya tidak lebih buruk," ucap Elsa. 

Dia menuturkan glaukoma dapat menyerang siapa saja, namun tidak dapat diobati, karena kondisi tersebut adalah efek dari proses degeneratif, layaknya rambut yang memutih.

Elsa mengatakan terdapat faktor risiko yang dapat mempercepat dan memperparah glaukoma yaitu umur, penyakit vaskuler antara lain hipertensi dan diabetes, penggunaan steroid, serta faktor keluarga.

Dalam kesempatan itu dia menjelaskan sejumlah steroid dapat menciptakan rasa nyaman misalnya dexamethasone, prednisolon, dan prednison. Ketika dipakai, katanya, mata merah menjadi putih dan radang langsung menghilang, sehingga kerap disalahgunakan orang yang punya alergi.

Dia menjelaskan sejumlah orang yang biasa memakai lensa kontak memakai obat-obatan itu hanya untuk menghilangkan gatal di matanya, hingga tanpa sadar setelah pemakaian bertahun-tahun, tekanan pada bola matanya tinggi.

Pada glaukoma, kata dia, tekanan di mata disebabkan oleh air yang tidak dapat disirkulasi mata ke pembuluh darah. Karena produksi air berlebih, katanya, kemudian ditambah dengan hambatan di penyaluran itu, volume cairan meningkat hingga akhirnya menekan syaraf-syaraf serta pembuluh darah di belakang mata, hingga akhirnya syaraf-syaraf itu mati perlahan.

Dia menyebut syaraf memiliki keunikan sendiri, sehingga ketika ada satu syaraf yang mati, maka di sekitarnya juga ikut mati. Oleh karena itu, katanya, glukoma bersifat progresif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement