Jamaah Padati Masjid Al Markaz Makassar pada Jumat Pertama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Jumat 15 Mar 2024 16:05 WIB

Ilustrasi sholat Jumat. Foto: Antara/Rahmad Ilustrasi sholat Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR - Ribuan jamaah umat Muslim memadati Masjid Al Markaz Al Islami untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat pertama bulan Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 di Jalan Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Khatib sholat Jumat Prof Arifuddin Ahmad dalam ceramahnya menyampaikan keutamaan Ramadhan adalah latihan untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT).

Baca Juga

"Bulan suci adalah bulan penguatan iman kita, puasa yang diwajibkan kepada kita dan bisa dilakukan secara optimal agar keimanan kita kuat dengan melahirkan karakter, akhlak yang baik," ujarnya, Jumat (15/3/2024).

Ia menjelaskan apabila karakter akhlak Muslim baik, maka akan taat dan patuh terhadap aturan-aturan. Bertakwa intinya, kata dia, melaksanakan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang oleh agama.

Selain itu, Ramadhan akan mengubah karakter maupun kebiasaan umat Muslim. Sama halnya ketika pandemi Covid-19, banyak sekali perubahan, termasuk perkembangan ilmu teknologi dan informasi.

Guru Besar Ilmu Hadist UIN Alauddin Makassar itu menekankan ibadah puasa melatih kedisplinan dan kejujuran umat Muslim. Seseorang dalam menjalankan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT menjalankan ibadah puasa dan ibadah wajib lainnya selama satu bulan, dapat diukur setelah selesai Ramadhan.

"Sebab keutamaan bulan suci Ramadhan mesti diperoleh secara optimal. Nilai dan karakter kita harus terbentuk dari latihan selama bulan suci dengan mendapatkan manfaat secara signifikan terhadap aktivitas keseharian kita serta memohon ampun kepada Allah SWT serta hidayah-Nya," ucap Arifuddin.

Terpopuler